Jadikan Gedung Smesco Referensi Souvenir Asli Indonesia

Ibu Mufidah Kalla (tengah) memukul gendang bersama Menkop dan UKM AAGN Puspayoga (kanan) dan istri, serta Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (dua dari kiri) dan istri, serta Dirut LLP KUKM Emilia Suhaimi (paling kiri) saat relanching Minang Expo di Gedung Smesco (31/3/2018).

Jadikan Gedung Smesco Referensi Souvenir Asli Indonesia

JAKARTA EKSPLORE (2/4/2018) – Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) selaku pengelola Gedung Smesco Indonesia meluncurkan konsep baru penataan Paviliun Provinsi di seluruh Indonesia. Paviliun-paviliun itu mengajikan berbagai produk unggulan daerah.

“Gedung Smesco harus menjadi referensi bagi turis asing untuk mendapatkan souvenir asli Indonesia,” kata Ketua Umum Dekranas Hj Mufidah Jusuf Kalla pada acara relaunching Produk Unggulan Provinsi di Smesco Indonesia yang ditandai dengan peresmian Smesco Minang Festival, di Jakarta, Sabtu (31/3/2018).

Mufidah berpesan agar produk yang ada di Smesco Indonesia harus mempunyai karakter kuat dan unggul dari daerah masing-masing. Basisnya pada kreativitas dan inovasi putra-putri bangsa. “Jadi, harus ada kurasi produk yang baik agar terjaga kualitasnya. Saya ingin agar Gedung Smesco dimanfaatkan oleh daerah di seluruh Indonesia untuk mempromosikan produk unggulannya,” kata Mufidah.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan, Gedung Smesco kini dikelola dengan konsep baru sebagai miniatur Indonesia dalam bidang kerajinan. “Terutama fesyen, mebeler, alas kaki, dan kuliner. Karena keempat produk ini yang mempunyai potensi besar untuk diekspor ke mancanegara,” kata Puspayoga.

Menurut Puspayoga, produk yang ada di Gedung Smesco terutama di Paviliun Provinsi merupakan produk-produk unggulan karya anak bangsa. Jadi, siapapun yang ingin mendapatkan produk terbaik dari berbagai provinsi. “Kami juga mengajak para kepala daerah untuk memanfaatkan Gedung Smesco sebagai sarana promosi,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengungkapkan, peluncuran Paviliun Provinsi dengan menggunakan tema Minang Festival diharapkan bisa menjadi ajang untuk mempromosikan produk dari provinsinya secara lebih luas.

Dalam acara itu, Minang menjadi tema utama yang rencananya akan diikuti oleh daerah lain dalam Festival Smesco berikutnya. Banyak produk di daerah kami tidak terbeli karena belum banyak dikenal publik.

‘’Kami berharap dengan adanya Smesco produk-produk unggulan daerah kami bisa terpromosikan pada publik yang lebih luas,” kata Irwan seraya mengajak gubernur daerah lain untuk memanfaatkan Smesco sebagai sarana mempromosi produk unggulan daerah.

Sedangkan Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi menjelaskan, revitalisasi Paviliun Provinsi akan menampilkan wajah baru Produk Unggulan Provinsi sekaligus citra baru terhadap identitas daerah dengan menampilkan “local heritage” dan produk unik.

“Revitalisasi Paviliun Propinsi yang berlangsung sejak Januari 2018 merupakan langkah strategis yang dilakukan LLP-KUKM untuk mengintegrasikan semua potensi yang ada agar Smesco Indonesia menjadi icon baru atau citra baru dalam pencapaian pengembangan dan pemasaran produk-produk unggulan Koperasi dan UKM,” jelas Emilia.

Dia menjelaskan, revitalisasi dimaksudkan untuk menghasilkan Smesco Indonesia yang tampil beda, berdaya saing, dan mampu menghasilkan “values” bagi pengunjung. “Sebagai citra baru Smesco Indonesia akan menjadi referensi terbaik untuk mencari dan mendapatkan produk lokal produksi KUKM Indonesia,” tutur Emilia mengakhiri penjelasannya. (b1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *