BNI Kembangkan Agen46 Terapung

KEPULAUAN SERIBU – EKSPLORE (20/6/2018) — Untuk mempercepat literasi dan inklusi keuangan, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) kini mengembangkan Agen46 terapung di berbagai daerah kepulauan. Di antaranya di kawasan Kepulauan Seribu.

Agen46 adalah agen laki pandai (layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusi. Melalui Agen46, BNI dapat memberikan layanan perbankan kepada masyarakat di daerah.

Untuk mengapresiasi peran para Agen46, pimpinan BNI Pusat mengunjungi Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Kunjungan tersebut merupakan ajang silahturahmi dan pemberian penghargaan kepada agen-agen terbaik di daerah tersebut. Salah satu keunikan keagenan yang dikembangkan BNI adalah adanya Agen46 Terapung. Pada tahap awal, BNI mengajak para nahkoda Ojek Kapal sebagai Agen46 BNI yang melayani masyarakat di Kepulauan Seribu untuk mendapatkan pelayanan perbankan. Agen46 Terapung ini yang dikunjungi direksi BNI. Selain juga mengunjungi beberapa Agen46 yg ada di Kepulauan Seribu.

Kunjungan diadakan pada Rabu (20/6/2018). (Rombongan pimpinan BNI yang ikut berkunjung antara lain, Direktur Bisnis Ritel BNI Tambok P Setyawati, General Manager Divisi Electronik Perbankan(EBK) BNI Anang Fauzi dan CEO BNI Wilayah Jakarta Kota Yessy Kurnia di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Tambok menuturkan, BNI merekrut dua orang nahkoda ojek kapal untuk bergabung menjadi Agen46 Terapung. Ojek kapal yang merupakan sarana transportasi umum di area Kepulauan Seribu itu diharapkan dapat mendekatkan layanan perbankan BNI kepada para nasabah dan calon nasabah. Ke depannya, BNI akan lebih memperluas lagi jaringan Agen46 di seluruh area Indonesia.

Daya tampung Ojek Kapal yang cukup tinggi saat mengangkut warga dari satu pulau ke pulau yang lain menjadi salah satu alasan pengembangan Agen46 Terapung. Kedekatan para nahkoda dengan para penumpang menjadikan percepatan literasi keuangan pada masyarakat kepulauan menjadi jauh lebih efektif. Perekrutan para Agen46 Terapung juga relatif efisien karena tidak membutuhkan ongkos mahal. Para Nahkoda cukup mengunduh aplikasi Agen46 pada telepon genggamnya, maka selanjutnya dia sudah siap memberikan layanan perbankan sebagai kepanjangan tangan BNI.

“Pada kesempatan kali ini, BNI tidak melupakan pencapaian yang telah diraih oleh Agen46. Penghargaan diberikan kepada Agen46 yang berhasil menghimpun Dana Pihak Ketiga (DPK) dengan nominal tertinggi serta Agen46 yang melayani transaksi dengan jumlah tertinggi,” ujar Tambok.

Layanan Agen46 terbagi menjadi tiga yaitu Layanan Laku Pandai, Layanan Keuangan Digital, dan Layanan E-Payment. Layanan Laku Pandai yaitu pembukaan rekening, setoran dan tarikan tunai. Layanan Keuangan Digital memberikan pendaftaran, setor, dan tarik tunai uang elektronik. Sedangkan, Layanan E-Payment memudahkan nasabah untuk transfer uang, membeli token listrik, pulsa, dan membayar tagihan. Total jumlah Agen46 di Kepulauan Seribu mencapai 18 orang dan dua Agen46 Terapung.

CEO BNI Wilayah Jakarta Kota Yessy Kurnia menambahkan, kini, para Agen46 juga memiliki kemampuan untuk melayani transaksi menggunakan aplikasi pembayaran terbaru yang disiapkan BNI, yaitu Aplikasi BNI yap!. Ini merupakan aplikasi pembayaran yang memungkinkan penggunanya memiliki tiga sumber pembayaran sekaligus yaitu bersumber dari Kartu Kredit BNI, Kartu debet BNI, dan UnikQu.

Keuntungan menjadi Agen46 antara lain memberikan pendapatan tambahan, fee transaksi yang kompetitif, dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. “Khusus untuk liburan Lebaran 2018 ini, selain para Agen46 yang senantiasa beroperasi memberikan pelayanan, kami juga tetap mengaktifkan beberapa outlet secara terbatas,” ujarnya. (b1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat