Smesco Indonesia, Destinasi Resmi Wisata Belanja Asian Games 2018

Smesco Indonesia, Destinasi Resmi Wisata Belanja Asian Games 2018

JAKARTA – EKSPLORE (3/8/2018) – Gedung Smesco Indonesia yang juga Rumah Produk Unggulan UKM Indonesia terpilih menjadi satu dari empat destinasi wisata belanja bagi kontingen Asian Games 2018. Tiga destinasi lainnya adalah Grand Indonesia, Senayan City, dan Plaza Senayan. Gedung Smesco Indonesia yang ada di Jalan Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta Selatan itu dikelola oleh LLP-KUKM.

“Terpilihnya Smesco Indonesia dengan pertimbangan sebagai tempat paling khas dan unik yang menyajikan pesona produk unggulan terbaik dan terbaru dari seluruh provinsi di Indonesia,” tutur Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Emilia Suhaimi saat berada di Gedung Kemenkop dan UKM di Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Dirut LLP-KUKM Emilia Suhaimi memberikan keterangan tentang peranan Smesco Indonesia di ajang Asian Games 2018

Emilia menjelaskan, kepastian Smesco Indonesia sebagai destinasi wisata belanja kontingen Asian Games 2018 tersebut tertuang dalam naskah kesepakatan (MoU) antara Smesco Indonesia dengan PT Character Land selaku perusahaan yang ditunjuk INASGOC sebagai marketing agency official merchandise Asian Games 2018. “Selain itu, Smesco Indonesia juga mengandung spirit edukasi mencintai produk lokal. Jadi, kita jelas berbeda dengan tiga destinasi wisata belanja lainnya,” tandas Emilia.

Mantan Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM itu menjelaskan, para atlet dan official peserta Asian Games 2018 akan berkunjung ke Smesco Indonesia pada 27 Agustus 2018 dan 1 September 2018 yang terbagi menjadi empat trip kunjungan, masing-masing trip 400 orang. Tiap trip memdapat jatah waktu kunjungan rata-rata tiga jam. “Mereka bisa menyaksikan aneka produk kerajinan berkualitas yang dihasilkan UKM dari seluruh Indonesia,” kata Emilia.

Bagi Smesco Indonesia, kata Emilia, pesta olahraga bergengsi tingkat Asia ke-18 itu akan menjadi momentum terbaik untuk mempromosikan produk-produk unggulan tanah air dan merchandise Asian Games kepada tamu-tamu negara asing peserta Asian Games. “Smesco Indonesia mempersiapkan kunjungan tersebut dengan menyediakan berbagai produk souvenir yang di-display di space area dan desain visual merchandise Asian Games di lantai dasar dengan nuansa Asian Games,” tutur Emilia.

Produk souvenir unggulan khusus untuk ajang Asian Games berasal dari 34 provinsi. Tiap provinsi mengirimkan lima item produk terbaik. Tiap item tersedia 100 pcs dengan harga bersaing.

Menurut Emilia, tamu kontingen Asian Games yang tiba di Smesco Indonesia akan disambut dengan musik calung Banyumasan dan pemberian stiker khusus agar dapat dibedakan dengan pengunjung lainnya. “Welcome drink-nya bir pletok khas Betawi. Pokoknya, benar-benar menampilkan wajah Indonesia,” kata Emilia.

Selain souvenir, Smesco Indonesia juga menyiapkan aneka kuliner masakan khas Indonesia, seperti Soto Aceh, Bebek Ireng Surabaya, Nasi Rames, Gudeg, Nasi Bali, Bakso Malang, Toge Goreng, es cincau, es cendol durian, es doger, dan masih banyak yang lainnya. Ada juga atraksi lain seperti Tari Jaipong, Demo Batik, melukis dengan cat akrilik di tas blacu, demo aneka sulam, lukis kaos, dan sebagainya. “Bagi yang suka selfie dan berfoto, disediakan juga booth foto khas Smesco Indonesia,” imbuh Emilia.

Selama penyelenggaraan Asian Games, juga diadakan bazar produk UKM di Gelora Bung Karno. Sebanyak 120 both/stand disiapkan Dinas KUKM Pemprov DKI Jakarta. Menurut Emilia, semua both itu dapat dimanfaatkan oleh UKM binaan Smesco Indonesia. “Ini peluang bagi UKM karena pesta olahraga yang digelar dari 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 yang diikuti sekitar 15 ribu atlet yang berasal dari 45 negara di Asia dari 42 cabang olahraga, belum termasuk offisialnya,” ujarnya. (b1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *