KBRI Jaring Minat Kuwait Impor Kopi Indonesia

KUWAIT CITY –  EKSPLORE (7/10/2018) – Kuwait ternyata merupakan surga bagi para penikmat kopi. Negeri itu bahkan dijuluki sebagai negeri coffee. Di sana sedikit terdapat 500 coffee shop.

Tak ingin kehilangan peluang memasarkan kopi Indonesia, KBRI Kuwait mengadakan roadshow ke sejumlah perusahaan kopi di sana. Di antaranya,  dua staf bidang ekonomi KBRI di Kuwait  Octavianus dan Zamardi, mengadakan kunjungan khusus ke Batel Al Khair Foodstuff Co dan Coffee Culture Co.

Keduanya ditemui pemilik Batel Al Khair Foodstuff Co Mr Mohamed Batel Falah Al-Rashidi, dan manajer pemasaran Coffee Culture Co Mr Mustafa Hussain, akhir bulan pekan ini (5/10/2018).

Dalam pertemuan, terungkap bahwa kopi merupakan produk yang diminati konsumen Kuwait karena menjadi gaya hidup berbagai lapisan umur sehingga tersedia di mana-mana. Secara khusus, KBRI mengundang para produsen kopi untuk menghadiri pameran dagang di Indonesia, yaitu Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 yang akan diselenggarakan di ICE BSD City pada 24-28 Oktober 2018.

Saat ini kopi merupakan komoditas pertanian potensial, bahkan sudah menjadi komoditas ekspor. Ada dua jenis kopi yang ditanam di berbagai belahan Nusantara, ysitu robusta dan arabika. Data yang dilansir Kementerian Perindustrian menyebutkan, nilai ekspor kopi olahan Indonesia pada 2017 sudah menembus 469,4 juta dolar AS. Angka itu naik 10% dari ekspor tahun 2016.

Ekspor produk kopi olahan dalam negeri  didominasi kopi instan, ekstrak, esens, dan konsentrat kopi yang tersebar ke  bebarapa negara. Di antaranya kawasan Asean, dan Timur  Tengah. (b1)

 

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat