Gonjang-ganjing Divestasi Saham Freeport, lni Dia Pendapat Said Didu (3)

35. #simalakama2. Pernyataan kontra thdp pernyataan bhw pemerintahan sebelumnya sdh muncul juga bhw bisa saja jika pemerintahan lain bukan beli atau kalaupun beli tdk dg utang LN tapi dg cara spt saat pemerintahan @SBYudhoyono membeli inalum lewat APBN shg langsung jadi BUMN.

36. #simalakama2. Atas pro kontra tsb dari awal saya sudah mengingatkan bhw penyelesaian freeport sebaiknya mengurangi bobot politik krn sangat banyak variabel yg sangat debatatable scr politik. Dan jika ini terjadi maka yg akan muncul adalah meningkatnya resiko bisnis freeport.

37. #simalakama2. Uraian saya selanjutnya mencoba tdk terpengaruh thdp pro-kontra tsb. Tapi menguraikan kenapa proses tsb baru bisa terjadi sekarang. Apakah kebijakan pemerintah membeli dg harga sebesar itu dan lewat utang LN akan saya bahas tersendiri.

38. #simalakama2. Kontrak Karya Generasi I (1967-1991) terkesan menguntungkan freeport. Saya memahami kebijakan tsb adalah tepat saat itu krn Irian Jaya baru bergabung dg RI dan ada investor yg berani masuk adalah suatu yg diperlukan agar ekonomi Papua bisa sgr berjalan.

39. #simalakama2. Kontrak Karya generasi II (1991 – 2021) dibuat krn pihak freeport menemukan cadangan baru yg sangat besar namun dibutuhkan inbestasi yg juga sangat besar krn lokasinya sktr 2.000 meter di bawah tanah dan butuh teknologi baru shg butuh jaminan investasi.

40. #simalakama2. Saat itu Indonesia blm siap mengelola tambang tsb tapi Indonesia inginkan agar suatu saat tambang freeport dikuasai dan dikelola oleh Indonesia. KK generasi II mencoba akomodir 2 hal tsb : 1) investasi berpanjut, dan 2) diambil alih scr bertahap.

41. #simalakama2. Selain itu juga peningkatan pendapatan negara dan daerah. Sehingga pada KK generasi II memuat 3 hal pokok : 1) jaminan keamanan investasi, 2) mekanisme pengambilalihan secara bertahap lewat divestasi, 3) peingkatan pendapatan negara dan manfaat bagi daerah.

42. #simalakama2. Artinya sejak KK generasi II sdh ada peta jalan utk mengambil alih pengelolaan dari freeport dilanjutkan dg MOU lebih rinci pada saat pemerintahan @SBYudhoyono sbg butir2 peta jalan utk pembahasan kontrak yg akan habis 2021 sbg pelaksanaan UU Minerba.

43. #simalakama2. Pasti muncul pertanyaan ngapai pemerintahan @SBYudhoyono buat MOU. Mnrt saya ini bentuk kewajiban pemerintah melaksanakan UU dalam hal ini UU Minerba yg ditetapkan thn 2009. Apakah pemerintah selanjutnya gunakan MOU tsb – terserah pem berikutnya. Ini biasa saja.

44. #simalakama2. Salah satu yg memicu kenapa diperlukan percepatan pembahasan kepastian keberlanjutan operasi freeport krn diperhitungkan 2017 tambang atas tanah habis dan jika tambang bawah tanah terlambat investasi maka operasi tambang freeport akan stagnan selama 2 tahun.

45. #simalakama2. Hal yg dikhawatirkan adalah jika operasional tambang freeport berhenti sementara maka akan terkadi PHK, ekonomi papua terganggu, dan potensial terjadi gejolak sosial di Papua, termasuk pengurangan pelayanab dan sumbangsih freeport ke masyarakat papua.

44. #simalakama2. Atas pertimbangan butir 43 tsb, maka atas persetujuan presiden @jokowi, menteri ESDM @sudirmansaidmelakukan perundingan dg freeport yg sebagian berbasis pada MOU pemerintahan presiden @SBYudhoyono krn MOU tsb masih sejalan dg kbjkn pemerintahan @jokowi.

45. #simalakama. Perundingan baru pada tahap untuk memenuhi isi MOU, termasuk divestasi saham dan sdh mau masuk rincian bagaimana cara divestasi tapi datanglah genderuwo yg ingin mengambil manfaat dr proses tsb yg mengatasnamakan presiden @jokowi yg dikenal kasus #papamintasaham.

46. #simalakama2. Artinya kenapa baru bisa dilakukan sekarang karena 5 hal : 1) kontrak akan habis, 2) pelaksanaan UU Minerba, 3) freeport berkenan jual saham, 4) inalum sdh dimiliki Indonesia yg mau dan mampu cari utang untuk membeli, dan 5) dukungan kebijakan pemerintah.

47. #simalakama. Fakta butir 46 menunjukkan bhw siapapun presidennya saat ini proses thdp freeport akan terjadi krn dlm rangka pelaksanaan UU Minerba dan akan berakhirnya Kontrak Karya generasi II. Justru kalau terjadi overdosis pernyataan prestasi politik maka timbul pro-kontra.

48. #simalakama2. Pro-kontra yg bisa muncul krn pernyataan politik overdosis, al : 1) sesuai UU Minerba bhw pembahasan perpanjangan kontra baru bisa dilakukan 2 thn sblm kontrak habis, artinya 2019 – bukan sekarang, dan 2) mekanisme divestasi yg dipilih – dibeli dari utang.

49. #simalakama2. Alasan ini pernah disampaikan ke media oleh Bpk Presiden @jokowi bhw pembahasan tindak lanjut freeport baru dilakukan 2019 dan pernah digunakan oleh Pak Luhut meminta agar perundingan dg freeport olh pak @sudirmansaid ditunda sampai 2019. Kenapa dilakukan skrg ? (ba3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat