Gonjang-ganjing Divestasi Saham Freeport, Ini Pendapat Said Didu (2)

16. #simalakama. Dalam kontrak karya generasi II tercantum : 1) bhw pihak freeport berhak meminta perpanjangan kobtrak 2×10 thn stlh kontrak habis, 2) pemerintah tdk bisa menghalangi tanpa alasan rasional, 3) kontrak hanya tunduk pada UU yg sdh berlaku saat kontrak ditandatangani.

18. #simalakama. Atas dasar butir 18 dan posisi Kontrak Karya Freeport dg pemerintah Indonesia thn 1991 “setara” dg UU krn mendapatkan persetujuan dari DPR menjadikan alternatif penyelesaian kontrak setelah 2021 menjadi terbatas kecuali kita siap berperkara di Arbitrase.

19. #simalkama2. Ada pihak dg semangat menyatakan kita hadapi aja di Arbitrase. Saya katakan ide tsb cocok disampaikan di bangku kuliah dan pasti dg mudah dikatakan bagi pihak yg belum tahu secara rinci permasalahan jika freeport berhenti beroperasi.

20. #simalakama2. Jika terjadi kasus arbitrase maka operasional tambang freeport berhenti. Jika berhenti sekitar sebulan saja maka perkiraan saya freeport sangat sulit atau tidak mungkin lagi dibuka dan dioperasikan selamanya krn ada persoalan teknis dan non teknis muncul.

21. #simalakama2. Masalah non teknis adalah kemungkinan “diambilalihnya” tambang oleh suku2 Papua yg merasa berhak dan kemungkinan masuknya OPM menguasai lokasi. Masalah teknisnya bhw terowongan tambang yg panjangnya sdh sktr 600 km akan runtuh krn tdk dipelihara lagi.

22. #simalakama. Selain itu jika freeport berhenti operasi maka ekonomi Papua diperkirkan akan menghadapi masalah serius krn peran freeport thdp ekonomi papua sangat dominan. Jika ini terjadi dikhawatirkan akan terjadi gejolak sosial yg membuat masalah makin rumit.

23. #simalakama. Atas pertimbangan : 1) hukum (kontrak karya), 2) realiras lapangan pengelolaan tambang, 3) stabilitas sosial ekonomi papua maka saat itu kami bersama pak @sudirmansaidbersikap bhw solusi efektif keberlanjutan kontrak freeport adalah melalui perundingan.

24. #simalakama2. Salah satu landasan perundingan yg digunakan adlh MOU antara pemerintah dg Freeport yg dibuat saat pemerinrahan Pak SBY. Mou tersebut intinya bhw freeport wajib memenuhi 17 butir permintaan pemerintah dan pemda papua jika ingin membahas tindak lanjut kontrak.

25. #simalakama2. Jadi adalah tidak benar isu yg dikembangkan oleh pihak yg tidak paham seakan presiden @SBYudhoyonomemperpanjang kontrak freeport. MOU itu adlh peta jalan untuk pembahasan proses perundingan utk membahas kontrak yg akan habis thn 2021. Kenapa SBY melakukan itu?

26. #simalakama. MOU itu dibuat krn 2 hal : 1) sebagai peta jalan utk pelaksanaan UU Minerba oleh freeport, tmsk pembangunan smelter, dan 2) peta jalan perundingan tindak lanjut kontrak, 3) sbg pegangan kepastian freeport yg akab investasi sktr $ 20 milyar utk tambang dan smelter.

27. #simalakama2. Sesuai uraian saya bada butir 26, sebagau yg paham ttg kebijakan publik – rasionalitas obyektif saya menyatakan MOU tsb adalah benar – kecuali yg mau menggoreng secara politik atau kepentingan subyektif bisa saja membelokkan substansi MOU tsb.

28. #simalakama. Dalam MOU tsb sama sekali tdk ada arahan apakah kontrak akan diperpanjang atau tidak dan kalau diperpanjang akan seperti apa. Yang ada adalah kewajiban freeport yg harus dipenuhi jika ingin membahas perpanjangan kontrak tahun 2019 (2 tahun sblm kontrak berakhir).

29. #simalakama2. Beberapa hal penting dalam MOU tsb antara lain : 1) divestasi saham, 2) pembangunan smelter, 3) peningkatan pendapatan negara dan daerah, 4) peningkatan penggunaan produk dalam negeri, 5) peningkatan alih teknologi.

30. #simalakama2. Terhadap kemungkinan arbitrase jika keputusan pemerintah adalah tdk mau berunding solusi kontrak yg berakhir 2021 dikemukakan berkali2 oleh pihak freeport bahkan (kalau tdk salah) sdh pernah mengirim aduan ke Arbitrase ttg hal ini. Kita hadapi saja?

31. #simalakama. Banyak pihak yg dengan “semangat nasionalisme” berpendapat bhw kita hadapi saja. Saya katakan jika lewat jalur arbitrase maka yg terjadi adalah “menang jadi arang dan kalah jadi abu”. Nasionalisme saya adalah bhw tambang tsb harus memberikan manfaat buat rakyat.

32. #simalakama2. Atas uraian bagian pertama yg terkait akhiri kontrak vs beli saham saya katakan bahwa solusi realistis adalah melanjutkan kerjasama dg freeport agar tambang tdk berhenti beroperasi – bukan menghentikan kontrak. Thdp kenapa hrs beli saham akan dibahas tersendiri.

33. #simalakama2. Sampai butir 32, dari 6 point isu yg akan saya bahas, saya sdh coba uraikan kenapa kita pilih jalan berunding dg freeport dan bukan jalan putuskan kontrak. Butir selanjunya adalah kenapa baru sekarang dilaksanakan ?

34. #simalakama2. Pernyataan bombastis yg muncul menyatakan bhw krn pemerintahan sebelumnya tdk mampu. Pernyataan ini saya katakan pernyataan overdosis secara politik. Karena tidak seoenuhnya demikian. Bahkan jika pernyataan overdosis ini berlanjut akan muncul pernyataan kontra. (ba2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat