Gonjang-ganjing Divestasi Saham Freeport, Ini Dia Pendapat Said Didu (5)

Gonjang-ganjing Divestasi Saham Freeport,
Ini Dia Pendapat Said Didu (5)

65. #simalakama. Perbedaan utama kontrak tambang dg migas antara lain : 1) status asset, 2) kepemilikan produk, 3) hak atas cadangan yg ada, 4) penyelesaian saat akhir kontrak. Ini perlu dijelaskan agar tdk keliru dalam membahas.

66. #simalakama. Status asset di migas bhw semua asset – termasuk sendok makan pun – di migas adalah milik negara krn dibayar negara lewat cost recovery sementara asset di kontrak tambang semuanya adalah milik kontraktor. Shg kalau asset di tambang mau diambil harus dibayar.

67. #simalakama2. Kepemilikan produk di migas langsung terbagi antara milik kontraktor dan milik negara sesuai kontrak. Sementara semua produk tambang adalah milik kontraktor. Kontraktor membayar ke negara lewat pembayaran royalti dan penerimaan lainnya.

68. #simalakama2. Hak atas cadangan yg ada bagi kontraktor migas hanya berhak thdp prosentase produk sesuai kontrak sampai masa kontrak habis, sementara di Tambang semua cadangan menjadi hak kontraktor sampai masa kontrak habis atau cadangan habis.

69. #simalakama2. Penyelesaian di akhir kontrak utk Migas maka semua asset dan cadangan diambil negara secara gratis krn sdh dibayar ke kontraktor lewat mekanisme cost recovery sementara tambang, kecuali cadsngan maka semua asset tetap milik kontraktor. Kalau mau ambil ya dibeli.

70. #simalakama2. Kesimpulan sub bahasan kok harganya saham adalah bhw menurut saya itu adalah hasil perhitungan berbasis kaidah2 profesional dan sesuai aturan tdk benar membeli punya sendiri. Silakan perdebatkan dg kaidah profesional mekanisme korporasi kecuali ada penyimpangan.

71. #simalakama2. Setelah membahas : 1) kenapa harus beli, 2) kenapa baru sekarang, dan 3) kenapa harganya Rp 56 trilyun, butir selanjutnya saya coba membahas kenapa harus utang dari Luar Negeri.

72. #simalakama2. Pro-kontra tajam thdp isu ini adalah : 1) kenapa harus utang dari LN, 2) kenapa gunakan global bond, 3) apkh tingkat bunganya rasional, 4) apkh tdk terjadi bhw global bond tsb dibeli lagi oleh pemilik freeport yg lama, dan 5) apkh dg utang sah kita sdh memiliki?

73. #simalakama2. Saya coba memahami kenapa pemerintah meminta Inalum mencari pinjaman dollar dari LN utk membeli saham freeport krn saat itu nilai kurs rupiah sedang melemah, jika inalum mencari pinjaman dollar dr dlm negeri maka permintaan dollar naik – nilai tukar akan melemah.

74. #simalakama2. Pilihan kebijakan tersebut memang bagaikan buah #simalakama juga. Jika gunakan pinjaman dalam negeri akan membuat nilai tukar melemah dan jika gunakan pinjaman luar negeri pasti memunculkan banyak pertanyaan spt uraian pada butir sebelumnya.

75. #simalakama2. Alasan gunakan global bond mungkin krn kalau gunakan pinjaman Bank LN prosesnya panjang dan butuh jaminan ril asset inalum yg mungkin tdk cukup. Saya tdk bahas panjang ttg hal ini krn saya yakin pak @BudiGSadikin sbg mantan Dirut Mandiri sdh pertimbangkab semua.

76. #simalakama2. Thdo pertanyaan apkh pemilik lama bisa jd pemilik global bond yg dipinjam oleh PT Inalum, scr teori bisa tp secara hukum tdk bisa mempengaruhi komposisi suara dalam proses pengambilan keputilusan dalam korporasi. Keputusan tetap sesuai proporsi kepemilikan saham.

77.#simalakama2. Apakah dengan utang kepemilikan sudah sah ? Secara hukum sudah sah bhw saat ini komposisi kepemilikan saham di PT Freeport Indonesia adlh : 1) Freeport McMoran sktr 49 %, 2) PT Inalum sktr 32 %, 3) BUMD Pemda (dititip di Inalum) 10 %, dan 4) pemerintah sktr 9 %.

78. #simalakama2. Kesimpulan dari sub bahasan kenapa harus utang dari LN adlh bhw kondisi ekonomi nasional dan kondisi obyektif PT Inalum mengharuskan mencari utang dari LN dg global Bond. Masalah ini silakan didiskusikan secara obyektif dan non politik.

79. #simalakama2. Setelah bahas ttg : 1) kenapa harus dibeli, 2) kenapa baru sekarang, 3) kenapa harganya sbsr itu, 4) kenapa hrs utang ke LN skrg saya akan coba bahas ttg tanggung jawab lingkungan dan kepastian perpajakan.

80. #simalakama2. Isu yang menonjol ttg hal ini adlh adanya hasil perhitungan ahli lingkungan yg “diamini” oleh @bpkri bhw tjd kerusakan ekosistem akibat pembuangan limbah B3 olh freeport yg nilainya sktr Rp 185 trilyun. Walau dlm pernyataan akhir BPK bhw itu bkn kerugian negara.

81. #simalakama2. Saya perkirakan isu ini akan terus berlanjut krn solusi kebijakan memghilangkan kewajiban tsb terjadi mendekati target penyelesaian divestasi. Saya tidak membahas lebih lanjut mslh ini krn pengetahuan saya ttg hukum lingkungan terbatas. Silakan pihak lain bahas.

82. #simalakama2. Saya sdh bbrp kali mengunjungi freeport, termasuk ke pengelolaan limbah. Dimasukkannya limbah tailing dg status B3 bkn krn termasuk limbah kimia berbahaya tapi krn jumlahnya yg sagat besar mencapai sktr 150.000200.000 ton per hari !!!

83. #simalakama2. Dengan kepemilikan saham pihak Indonesia sktr 51 % maka tanggung jawab perbaikan pengelolaan limbah ke depan (mungkin termasuk perbaikan kerusakan sebelumnya) secara logika menjadi tanggung jawab korporasi secara proporsional sesuai proporsi kepemilikan saham.

84. #simalakama2. Pihak freeport McMoran bisa menghindar dari sanksi lingkungan krn dalam kontrak karya berbunyi bhw kedua belah pihak hanya mengakui hukum yg sdh berlaku saat kontrak ditandarangani thn 1991 sementara UU Lingkungan sepengetahuan saya disahkan stlh thn 1991.

85. #Simalakama2. Terkait pemberian jaminan kepastian pajak tetap dg istilah “nail down” sampai 2041, diskusi yg muncul adalah apa hak pemerintah skrg memberikan jaminan tsb sementara bisa saja pemerintahan berikutnya mengubah (bisa naik atau bisa turun).

86. #simalakama2. Dari dulu pihak freeport meminta jaminan ini demi kepastian investasi krn investasi tambang bawah tanah dan smelter sangat besar, resiko tinggi, marjin kecil dan pengembalian lama shg sangat sensitif dg besaran pajak. Secara rasional saya memahami pemberian ini.

87. #simalakama2. Walau secara rasional obyektif bhw pemberian kepastian pajak selama kontrak adala baik namun jika dibahas secara politik dipastikan akan selalu ada celah utk diperdebatkan. Monggo saja.

88. #simalakama2. Kesimpulan sub bahasan ttg lingkungan dan jaminan pajak tetap bhw kbjkn tsb scr obyektif dan rasional dapat dipahami namun secara politik tetap terbuka bisa diperdebatkan, apalagi ttg lingkungan krn terlihat perubahan arah mendadak saat mendekati kpts divestasi.

89. #Simalakama2. Stlh bahas sub topik : 1) knp dibeli, 2) knp baru skrg, 3) kenapa harganya sbsr itu, 4) knp utang dari LN, 5) bgmn isu lingkungan dan pajak maka butir2 ulasan ke depan adalah bagaimana sebaiknya pengelolaan PT Freeport ke depan.

90. #simalakama2. Spt diketahui bhw sjk 21 Desember 2018 komposisi kepemilikan saham PT Freeport :
1) Freeport McMooran sktr 49 %
2) PT Inalum sktr 32 %
3) BUMD Papua 10 %
4) pemerintah pusat skt 9 %.
Secara undang2 PT Jika pihak Indonesia bersatu maka menjadi saham pengendali

91. #simalakama2. Isu yg diperdebatkan terkait hal ini adalah kenapa Freeport McMoran yg memiliki saham lbh rendah dari slrh saham pihak Indonesia (sktr 49 %) jadu pengendali PT Freeport ? Inj tergambar dari susunan Komisaris dan Direksi. Komut dan Dirut dari Freeport McMoran.

92. #Simalakama2. Permintaan tersebut sejak dulu jadi persyaratan yg diminta oleh pihak freeport bhw walaupun dia minoritas tetap minta sbg pengendali dan sepertinya pemerintah memenuhi permintaan tersebut. Apakah itu melanggar UU ?

93. #simalakama2. Alasan yg digunakan oleh Freeport McMoran sbg pengendali adlh keamanan investasi dari intervensi politik. Selama ada dalam perjanjian induk pemegang saham mk bisa saja saham minoritas sbg pengendali. Ini pernah terjadi saat Cemex mengendalikan SI walau minoritas.

94. #Simalakama2. Saya termasuk yg setuju pengendali operasional dipegang oleh mrk krn saya khawatir jika dikendalikan oleh PT Inalum selain mslh penguasaan teknologi juga menjadi rawan intervensi kekuasaan ke bisnis freeport. Saya paham betul bahaya ini tp blm saatnya saya buka.

95. #simalakama2. Melihat komposisi Komisaris dan Direksi PT Freeport yg baru, dari yg saya kenal spt @BudiGSadikin (komisaris), Amin Sunaryadi (Wakomut – mantan pimpinan KPK) dan pak Orias (Wadirut) adalah orang profesional. Smg mereka tetap di jalan yg lurus.

96. #simalakama2. Saat ini freeport menghadapi agenda investasi yg sangat besar berupa investasi tambang bawah tanah dan investasi pembangunan smelter. Diperkiranak freeport akan menambah utang ratusan trilyun rupiah utk kedua investasi tsb.

97. #simalakama2. Saya berharap pimpinan freeport berani membersihkan benalu di freeport yg masih ada jika tdk mau berubah dan juga berani melawan model2 spt papa minta saham dalam investasi freeport ke depan, termasuk teman papa yg msh cawe2 dlm rencana pembangunan smelter dll.

98. #Simalakama2. Hal lai yg perlu diwaspadai adalah pemburu rente dari pihak yg memberikan sumber pinjaman serta sumber teknologi. Tetaplah konsisten utk meningkatkan pendapatan negara dan daerah, penggunaan produk dalam negeri, dan penggunaan SDM dalam negeri.

99. #simalakama2. Saya berharap agar pimpinan freeport yg baru segera menyampaikan secara terbuka kepada pemda dan masyarakat Papua realitas perubahan dan perubahan manfaat secara realistis agar harapan mereka tdk melebihi yg sebenarnya akan terjadi. Ini agenda penting.

100. #simalakama2. Alhamdulillah stlh hampir 8 jam sdh selesai kultwit ttg freeport dg 7 sub issu mulai dari kenapa harus dibeli sampai pengelolaan ke depan. Ini skdr bagi pengetahuan utk bhn diskusi.
Kbjkn apapun yg dipilih hanya dg cara City yg akan jamin kesuksesan ke depan. (ba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *