Gonjang-ganjing Divestasi Saham Freeport, lni Dia Pendapat Said Didu (4)

50. #simalakama2. Saya berharap agar debat penafsiran demi politik dikurangi. Saya paham dasar hukum yg bisa digunkan kenapa pembahasan kontra bisa dilakukan sblm 2019 tapi lebih baik saya tdk buka krn nanti dianggap memihak. Silakan publik perdebatkan butir 47 – 49 tsb.

51. #simalakama2. Proposal mekanisme divestasi yg disiapkan pak @sudirmansaid dan Tim tahun 2015 sebenarnya berbeda dg mekanisme yg dipilih saat ini tapi saya pilih tdk kemukakan di sini krn saya percaya bhw mekanisme yg dipilih pemerintah saat ini pasti punya alasan yg kuat.

52. #simalakama2. Kesimpulan dari isu bhw kenapa baru sekarang terjadi divestasi karena : 1) pelaksanaan UU dan kondisi yg memungkinkan – siapapun pemerintahannya, 2) bhw kesepakatan yg terjadi, termasuk membeli saham merupakan topik yg pasti akan timbul pro-kontra. Biasa saja !!

53. #simalakama2. Setelah saya bahas sub topik : 1) kenapa harus dibeli, dan 2) kenapa baru saat ini dilakukan, skrn saya akan bahas kenapa harga pembelian sebesar itu dan apakah uang tsb memang utk beli saham atau membayar Rio Tinto ?

54. #simalakama2. Pro-kontra yang sangat keras ttg besaran harga adalah : 1) kenapa mahal mencapai Rp 56 trilyun utk harga sktr 42 % saham, dan 2) kenapa milik sendiri kok dibeli ?

55. #simalakama2. Setelah pemerintah pilih mekanisme divestasi yg dipilih adlh saham dibeli oleh BUMN Inalum tmsk Pemda – bukan dibeli pemerintah seperti pembelian inalum yg dilakukan oleh pemerintahan @SBYudhoyono melalui APBN – maka semua proses adlh mekanisme korporasi.

56. #simalakama2. Karena mekanismenya adalah mekanisme korporasi maka seluruh perhitungan harga dan mekanisme pembayaran adlh mekanisme korporasi, termasuk cara menghitung nilai saham dipastikan menggunakan standar intermasional. Yang salah jika dlm prosesnya ada penumpang gelap.

57. #simalakama2. Saya percaya bhw pak @BudiGSadikin sebagai pimpinan perunding adalah seorang profesinal yg saya yakin mengikuti kaidah2 profesional. Atas kemampuan pak @IgnasiusJonanmencari celah perundingan saya juga yakin bhw sdh memilih pilihan terbaik dari pilihan yg sulit.

58. #simalakama2. Saya tidak akan bahas lebih panjang ttg harga tsb krn pihak @INALUM_Official sdh jelaskan secara rinci harga sebesar itu. Silakan publik diskusi sesuai penjelasan tsb. Sikap saya bhw sampai tdk terbukti ada yg terbaik saya amggap uraian @INALUM_Official rasional.

59. #simalakama2. Pertanayaan selanjutnya apakah pembayaran tsb beli saham atau beli PI Rio Tinto ?

60. #simalakama2. Adanya hak PT Rio Tinto bersumber dari “pinjaman” modal investasi kepasa freeport yg dibayar lewat hak pengambilan sebagian produk freeport untuk dijual oleh Rio Tinto. Sederhananya freeport menggadaikan produk tambang freeport ke Rio Tinto. Itu saja.

61. #simalakama2. Perlu diingat bhw masalah Rio Tinto muncul saat tercapai kesepakatan bhw freeport setuju menjual sahamnya secara mayoritas ke pihak Indonesia dan Rio Tinto menemui pemerintah Indonesia bhw dia punya “hak gadai” di freeport dan meminta dicarikan solusi.

62. #Simalakama2. Saya tdk pernah membaca solusi ini secara terbuka tapi saya bisa menduga bhw pemerintah meminta agar freeport membebaskan “hak gadai” Rio Tinto dg cara mengembalikan atau membayar utang Freeport ke Rio Tinto. Perkiraan saya spt itu.

63. #simalakama2. Artinya yg terjadi adlh Freeport Mc Moran menerima pembayaran dari PT Inalum dan sebagian digunakan untuk membayar Rio Tinto. Berapa besarnya ? Itu urusan internal Freeport Mc Moran dg Rio Tinto. Terpenting bhw skrg Freeport sdh bebas dari “hak gadai” Rio Tinto.

64. #simalakama2. Terhadap isu bhw punya kita kok dibeli sendiri. Pernyataan ini valid jika tambang freeport tidak terikat dengan Kontrak yg sdh saya jelaskan sebelumnya serta sistem kontraknya adalah menggunakan kontrak migas. (ba4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat