Tahukah Xanthan Gum, Zat Pengental yang Punya Banyak Manfaat?

Apakah anda pernah mendengar Xanthan Gum? Mungkin kebanyakan orang jarang mendengar Xanthan Gum. Akan tetapi, anda mungkin sering mengkonsumsinya zat yang satu ini.

Xanthan gum adalah bahan tambahan makanan yang dijual di pasaran. Lalu apa sebenarnya Xantha Gum? Manfaat apa yang terkandung di dalamnya? Apa itu xanthan gum?

Xanthan gum adalah suatu zat yang ditambahkan dalam bahan pangan dengan tujuan untuk membentuk kekentalan pada produk. Bahan tambahan pangan ini sebenarnya merupakantuf sejenis polisakarida yang terbentuk dari fermentasi bakteri Xanthomonas campestris yang berasal dari jagung, kedelai, kubis atau produk tanaman lainnya.

Tidak hanya sebagai pengental produk saja, Xanthan gum juga berperan sebagai emulsifier. Pada umumnya, minyak dan air merupakan suatu zat yang saling terpisah ketika dicampurkan. Akan tetapi, Xantha Gum mampu menyatukan keduanya sebagai satu kesatuan. Produk yang dihasilkan seperti mayoness.

Jika kita ingin memanfaatkan Xanthan Gum, ada beberapa hal yang harus kita ketahui seperti Xanthan Gum larut dalam air. Larutan yang dihasilkan bersifat pseudoplastik. Kekentalan yang dihasilkan stabil pada berbagai pH dan suhu. Akan tetapi, penggunaan sedikit garam dapat menurunkan kekentalan Xanthan Gum.

Oleh karena kehebatan yang terkandung di dalamnya, Xanthan gum banyak digunakan dalam pengolahan produk saus dan produk sejenis. Di Indonesia, Peraturan Kepala BPOM No 15 Tahun 2013 mengatur tentang batas maksimum penggunaan Xanthan Gum untuk produk saus sesuai dengan cara produk pangan yang baik. (husnul rais, mahasiswa Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian IPB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *