UMKM Binaan PIBI-Ikopin Belajar Pembukuan dengan Aplikasi Lamikro

JAKARTA – eksplore.co.id – Pusat Inkubator Bisnis & Kewirausahaan Institut Koperasi Indonesia (PIBI Ikopin) menyelenggarakan Business Tour PIBI ke Deputi Bidang SDM Kementeriaan Koperasi dan UKM.  Kunjungan ini merupakan rangkaian kunjungan Tenant ( UKM start up) ke Jakarta.  Sebelumnya, para tenant berkunjung ke Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) untuk mendapat informasi tentang akses permodalan, juga ke Lembaga Layanan Pemasaran (LLP/Smesco Indonesia) untuk mendapat informasi tentang akses pasar.  

Peserta Business Tour PIBI Ikopin adalah tenant-tenant binaan PIBI-Ikopin yang bergerak di berbagai bidang usaha seperti kuliner (makanan dan minuman), busana (fashion), kerajinan (handycraft), serta jasa.
Tujuan kunjungan ke Deputi SDM adalah untuk mempelajari cara membuat pembukuan secara online. Kebetulan Deputi SDM Kementerian Koperasi dan UKM memiliki aplikasi buat kalangan UMKM secara gratis, yaitu Lamikro(Laporan Akuntansi Usaha Mikro). Lamikro didedikasikan bagi usaha mikro dan pengusaha pemula, sehingga mereka memiliki laporan keuangan yg baik dan tertib administrasi.

Aplikasi Lamikro ini baru tersedia di platform android, sehingga para peserta dapat mengunduh via smartphone berbasis android yang mereka gunakan. Aplikasi ini juga dapat digunakan melalui pc/laptop.
Menurut Deputi Bidang SDM KUKM Rully Nuryanto, para pelaku usaha mikro bisa memanfaatkan Aplikasi Lamikro ini. Karena aplikasi ini mudah dan bisa diunggah gratis di Playstore.

Sementara itu, Direktur PIBI-Ikopin Indra Fahmi mengungkapkan, selama ini salah satu kendala pelaku usaha mikro kecil berhubungan dengan pihak perbankan atau lembaga keuangan lainnya karena mereka tidak bisa membuat laporan keuangan yang baik. Dengan memanfaatkan aplikasi Lamikro ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha mikro kecil untuk membuat laporan keuangan yang akuntabel. 

“Diharapkan mereka bisa meningkatkan meningkatkan akses terhadap sumber permodalan,” kata Indra kepada eksplore, Senin (18/2/2019). Selain mempraktekkan tentang aplikasi Lamikro tersebut, kata Indra,  kunjungan ini diakhiri dengan diskusi tentang kendala-kendala yang dirasakan serta capaian-capaian para tenant PIBI Ikopin dalam menerapkan pembukuan keuangan. (ba1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat