Malaysia Tawarkan Pertukaran Mahasiswa ke Ikopin

SUMEDANG – eksplore.co.id – Kini giliran Malaysia yang menawarkan program pertukaran mahasiswa kepada Institut Koperasi Indonesia (Ikopin). Hal itu terlontar dalam acara penyambutan tamu dari Maktab Kerjasama Malaysia (MKM) ke kantor Pusat Inkubator Bisnis & kewirausahaan Ikopin (PIBI Ikopin ) di Jatinangor, kampus Ikopin di Sumedang, Jumat (1/3/2019).

Rombongan MKM yg berjumlah 8 orang dipimpin oleh En Mohd Zaib Mat Yunus dan diterima oleh Direktur PIBI Ikopin Indra Fahmi. Sebelumnya, tamu dari negeri jiran itu berkunjung ke Lembaga Pendidikan Koperasi Nasional (Lapenkopnas) di Bandung.

Dalam lawatan tersebut, pihak MKM berkesempatan melihat display produk tenant PIBI Ikopin selain mendapatkan keterangan singkat tentang PIBI Ikopin itu sendiri. Bahkan pihak MKM sempat melakukan tatap muka dengan para mahasiswa Ikopin yang sedang melaksanakan perkuliahan. Para mahasiswa tampak antusias mendengarkan penjelasan tentang MKM dan program-programnya.

MKM adalah satu-satunya institusi pendidikan koperasi di Malaysia di bawah naungan Kerajaan Malaysia. Salah satu program internasional mereka adalah Malaysian Technical Cooperation Program (MTCP), berupa kursus singkat untuk gerakan koperasi di Asia dan Afrika.

MTCP diadakan secara tahunan selama tiga minggu. “Sudah banyak pelaku gerakan koperasi Indonesia yang mengikuti program tersebut,” tutur Indra, Senin (4/3/2019).

Mereka juga berencana untuk mengadakan program pertukaran pelajar internasional. Di akhir bincang-bincang, MKM mengajak mahasiswa Ikopin untuk ikut berpartisipasi dalam program MTCP dan pertukaran pelajar. Tentu saja ajakan itu disambut penuh antusias para mahasiswa.

“Pertemuan ini diharapkan dapat menambah wawasan, semangat dan harapan generasi muda, khususnya mahasiswa Ikopin,” kata Indra  MKM pun ingin kembali ke kampus Ikopin di Jatinangor dalam kunjungan berikutnya secara resmi. (ba1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *