Desa Guci Pemegang Rekor Tercepat Bayar Pajak Tahunan


GROBOGAN – eksplore.co.id – Ada pemandangan yang menarik  di kantor Desa Guci,  Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan hari ini, Senin (25/3/2019). Warga desa itu berbondong-bondong datang ke balai desa untuk membayar pajak tahunan yaitu Pajak Bumi Bangunan (PBB) dengan kesadaran sendiri.

Kesadaran warga sudah berlangsung bertahun- tahun, sangat berbeda dengan desa- desa lainnya di Kabupaten Grobogan. “Saat ini Desa Guci mendapatkan nomor satu sebagai desa yang tercepat  membayar pajak PBB se-Kabupaten Grobogan,” kata Arif Subagiyo, Sekdes Guci.

Menurut Arif,  untuk kabupaten Grobogan hanya di Desa Guci yang pembayaran PBB-nya lunas dibayar  dalam waktu sehari saja. “Untuk  jumlah baku PBB Desa Guci sebesar Rp 61.980.700 dengan jumlah wajib pajak sebanyak 1.118 objek,” katanya.

Masih lanjut Arif, masyarakat  Guci mayoritas atau sekitar 75 % berprofesi sebagai petani. Lainnya PNS, TNI, Polri,  pedagang, wiraswasta. Jumlah penduduk desa itu sebanyak 2.090 jiwa dan 722 KK. Luas wilayah Desa Guci  274.100 ha, terbagi dalam 8 RT, 3 RW. Ada tiga dusun di Desa Guci, yaitu Dusun Guci, Dusun Karang Widoro, dan Dusun Margorejo.

Camat Godong Bambang Haryono mengaku senang dan bangga atas antusias warga masyarakat Desa Guci yang dengan kesadaranya sendiri datang membayar pajak di balai desa. Ini bisa ditiru desa-desa yang lain.

“Kesadaran membayar pajak, merupakan wujud kesadaran yang baik yang perlu dipelihara dan contoh desa-desa  di Jawa Tengah. Kata bisa memilih

Klaim tercepat lunasi PBB cukup hanya sehari saja. Ini berdasarkan laporan  Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Grobogan dan berdasarkan bukti lunas dari bank. Masih menurut Sekdes Pemdes Guci, Bupati Grobogan selalu mengaprisiasi desa-desa yang lunas tercepat. Mereka akan mendapatkan reward. “Setiap tahun Desa Guci mendapatkan penghargaan desa yang tercepat membayar pajak,” tuturnya.

Penghargaan itu mulai nengalir  sejak  2014. Mau tahu Bernas. Tahun itu waktu ini    mendapat hadiah TV  penghargaan di teruskan di tahun 2015  dapat hadiah TV. Penghargaan tahun 2016 dapat hadiah AC, Tahun 2017 juga mendapatkan penghargaan berupa kulkas.  Sementara penghargaan Tahun 2018 akan diberikan tahun ini 2019.norbghaeang tahun 2019 di berikan tahun 2020.

Selain itu Jkwi007 mendapatkan piagam penghargaan langsung dari Bupati. Tradisi penghargaan pembayaran tercepat dengan mengumpulkan kades-kades Se Kabupaten Grobogan. Misal yang lunas bulan maret desa mana. Pengumpulan Kades- Kades ini dipimpin langsung Bupati. (fik) j

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *