BTM Salurkan Kredit Ultra Mikro ke Jawa Timur

SURABAYA – eksplore.co.id – Kini giliran Jawa Timur, menjadi wilayah sosialisasi penyaluran Kredit Ultra Mikro (UMi) oleh Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM). Induk BTM bersama PT Bahana Artha Ventura (BAV) menyasar jaringan BTM dan Koperasi Syariah Aisyiyah se Jawa Timur. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan, program UMi bisa dirasakan oleh warga Muhammadiyah secara luas.

Ketua Induk BTM Achmad Suud dalam kata sambutannya di hadapan jaringan microfinance Muhammadiyah se Jawa Timur di gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM), Senin (29/4/2019), mengatakan, Program UMI adalah sebuah keuangan inklusi yang diperuntukkan bagi usaha mikro kecil dengan skema maksimal yang diterima oleh anggota sebesar Rp 10 juta. Dana tersebut, kata Suud, bisa membantu pelaku usaha kecil untuk meningkatkan permodalannya.

“Fakta tersebut sudah dicoba oleh BTM di “Lampung, alhamdullilah berhasil dan kini program UMI menjadi andalan di BTM Lampung tersebut,” papar Suud. Untuk di Lampung, sejauh ini dikembangkan oleh dua BTM yakni BTM BIMU dan BTM ABI. Hal ini dibenarkan oleh Hanif yang merupakan bisnis development PT BAV. BAV merupakan mitra dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan sebagai pemilik program UMi.

Dalam program UMI ini, kata Hanif, mitra seperti BTM bukan hanya memperoleh perkuatan permodalan saja. Tapi juga pendampingan berupa kelembagaan dan penguatan sumber daya manusia. “Bahkan bagi anggota koperasi yang sukses dengan produk UKM yang dimilki, bisa diakseskan dengan pasar yang menjadi network dari PIP,” tutur Hanif.

Kesuksesan yang terjadi BTM di Lampung itu, menurut Hanif bisa ditiru oleh jaringan BTM di Jawa Timur untuk menumbuhkan keuangan inklusi. Kredit UMi yang disalurkan oleh BTM di Lampung mencapai lebih dari Rp20 miliar.

Direktur Eksekutif Induk BTM Agus Yuliawan menjelaskan, target penyaluran UMi di Jatim jumlahnya tak jauh beda dengan Lampung. “Bahkan bisa lebih karena jaringannya lebih luas dibanding Lamoung,” ujar Agus. (ag2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *