Sambut Berdirinya ITBC, Koin Jajaki Pemasaran Produk ke Tanzania

JAKARTA – Eksplore.co.id – Sejumlah pejabat dan pengusaha menjadi saksi berdirinya
Indonesia – Tanzania Business Council (ITBC) di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (18/7/2019). CEO Toko Indonesia (Koin) Devi Erna Rachmawati yang hadir fi acars itu optimistis Koin punya peluang besar menjadi pemain ekspor-impor produk lokal ke Tanzania.
“Hubungan bilateral ini kita sambut baik apabila produk-produk dari Indonesia dapat didistribusikan di negara Tanzania,” kata Devi. Menurut dia, produk dari Indonesia dapat menambah keragaman produk di Tanzania, suatu negara di benua Afrika yang jelas berbeda budaya, demografis, juga iklimnya. 

ITBC merupakan organisasi kemitraan antara  Indonesia dengan entitas bisnis dari Tanzania. ITBC  akan bekerja untuk meningkatkan iklim investasi dan perdagangan antar dua negara tersebut. Ketua ITBC Hanzela Calista Kusumamenggala mengatakan, pendirian  ITBC ini punya bertujuan untuk mempertemukan perwakilan dari kedua negara, termasuk para menteri, duta besar, pemerintah daerah, sektor swasta, dan semua pihak terkait lainnya.

“Organisasi ini di bawah arahan langsung Duta Besar (Dubes)  Indonesia untuk Tanzania dan Duta Besar Tanzania untuk Indonesia,” kata Hanzela. Hadir dalam peluncuran ITBC antara lain Dubes RI untuk Tanzania Prof Ratlan Pardede, Dubes Tanzania untuk Indonesia. Dr Ramadhani K Dau, Ketua Kadin Komite Afrika Mintardjo Halim, dan Ketua Umum Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI)  Ilham Habibie, dan dan Utusan Khusus Presiden untuk Timur Tengah dan OKI Alwi Shihab.

Republik Bersatu Tanzania adalah negara yang terletak di bagian timur benua Afrika. Dulu bernama Tanganyika, yang terkenal dengan danau Tanganyika. Iklimnya tropis. Negara itu berbatasan dengan Berbatasan dengan banyak negara, antara  Mozambik, Kongo, Uganda,   Zambia, dan Burundi.

Selain terkenal dengan damau Tanganyika, Tanzania juga memiliki gunung tertinggi di Afrika, yaitu Kilimanjaro (5.985 m) dan taman marga satwa Tanzania mempunyai sebuah gunung tertinggi di Afrika, yaitu gunung Kilimanjaro (5.985 m) serta taman margasatwa yang luas. Ada tiga pulau di negara itu, yaitu bekas negara Zanzibar yang terkenal sebagai penghasil cengkih dan banyak terdapat ulama besar, pulau Pemba, dan pulau Mafia.

Dari data yang ada, Tanzania telah mampu mencapai tingkat pertumbuhan yang baik berdasarkan kekayaan sumber daya alam yang luas dan sektor pariwisata. Pertumbuhan PDB tahun 2009 – 2017 rata-rata sebesar 6%-7% per tahun. Meskipun krisis keuangan global terjadi, namun tingkat pertumbuhan ekonomi negeri itu cukup stabil, seyidaknya pada satu decade terakhir dan diperkirakan akan meningkat lagi di masa mendatang. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat