Bisnis Wisata Kreatif ala Riyadiriried

SUKOHARJO – Eksplore.co.id –  Makin banyak persaingan di dunia bisnis tour, travel, dan pariwisata di sekitaran Solo Raya, yang meliputi Sukoharjo, Solo, Klaten, Boyolali, dan Karanganyar. Kalau mau sukses, butuh tangan kreatif dan inivatif.

Namun, bagi Riyadiriried ST, itu adalah tantangan. Dia terus bersemangat membara menawarkan program-program kreatifnya. “Prinsip kami dalam berbisnis apapun harus mampu memberikan kebahagian dan kepuasan customer mas,” kata Riyadi.

Dia menjelaskan, setiap bisnis yang tidak memikirkan customer pasti akan berakibat  kurang baik bagi perjalanan bisnis yang dirintisnya. Kerajaan bisnis itu adalah
Tour & Travel Pariwisata Era Trans. Homebase-nya ada di Karangwuni, Kecamatan Weru Sukoharjo atau tepatnya di sebelah timur gedung SMPN 2 Karangwuni. Era Trans bernaung di bawah bendera RB Sri Lestari Group.

Ia mengakui persaingan bisnis di tour, travel dan pariwisata cukup ketat. Andalannya saat ini adalah kreatif dalam memasarkannya dan kreatif memberikan layanan terbaiknya. Bagi Riyadi, kreativitas memasarkan produk sangat diperlukan. Kuncinya adalah menguasai atau memiliki  sumber daya manusia (SDM) . Bagaimana mengolah SDM? Menurut dia, bisa dengan meningkatkan pendidikan,  menimba pengalaman, hingga mengikuti berbagai seminar bisnis. “Itu nanti akan memancing instiusi yang baik dalam mengembangkan kreativitasnya,” ujarnya.

Bagaimana implementasinya terhadap perusahaan yang dijalankan? Tak sungkan, Riyadi mengungkapkan produk unggulan Era Trans. Yaitu paket wisata. Salah satunya paket wisata keliling Malang. Para wisatawan diajak berkunjung ke museum angkutan, obyek wisata Selecta. Juga acara petik apel di kebun. Layanan yang diberikannya seperti bus terbaru, makan snack, dokumentasi, P3K, doorprize, Asuransi Jasa Raharja.

Hanya itu? Tentu tidak. Ada lagi Paket Jepara. Tempat-tempat yang akan dikunjungi di antaranya Pantai Kartini, Pulau Panjang, dan Pantai Bandungan. Ada juga paket wisata ke Merapi. Para customer bisa melihat lava Lava Tour, museum Sisa Hartaku, Batu Aliean, fun off road Kali Kuning, petilasan Mbah Marijan.

Bos Era Trans ini menambahkan, layanan tidak berhenti di sini saja tetapi juga ada layanan paket lainnya. Yaitu wisata religi, wisata pendidikan atau study tour baik untuk kalangan siswa TK, SD, SMP, SMA maupun perguruan tinggi. “Ini yang tadi saya sampaikan bagaimana seorang pemilik bisnis harus kreatif dan mampu memilki terobosan baru,” katanya.

Era Trans juga menyediakan jasa persewaan mobil premium seperti Pajero dan Fortuner
Punya bus juga namanya busnya Era Trans. Ia punya toko material namanya TB Sri Lestari dan juga kontraktor. Ia pula pemilik klub  sepakbola  (PS) Sri Lestari.
Berkat doa dan kreatviitas itulah, Riyadi mampu menikmati pundi- pundi hasjl jerih payahnya. 

Ada yang menarik dari filosofi  bahwa apa yang ia bangun bisnis, pasti mampu memberikan peluang kerja dan bisa bermanfaat bagi orang banyak. “Saya mendirikan bisnis karena saya niati ibadah dan bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Niat itu akan mampu memberikan keberkahan yang baik,” tandasnya. (ab3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *