Atasi Kekeringan, Muhammadiyah Sukoharjo Tak Henti Salurkan Air Bersih

SUKOHARJO (Eksplore.co.id) – Musim hujan sudah mulai melanda sejumlah wilayah di Jawa. Namun belum banyak menetes di wilayah Sukoharjo, Jawa Tengah. Menghadapi kemarau panjang, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sukoharjo dari awal kemarau sudah banyak menyalurkan bantuan air bersih buat warga yang membutuhkan.

“Kita hanya ingin membuktikan kerja nyata lebih  penting daripada sekadar untuk pencitraan. Saya atas nama Pimpinan Daerah Muhammadiyah menilai kondisi krisis air di Sukoharjo perlu diselesaikan ketimbang menyibukkan urusan pencitraan diri,” ujar Ketua PDM Sukoharjo Wiwaha Aji Santosa, Ahad (10/11/2019). Dia terpaksa buka suara karena seolah Muhammadiyah tak peduli terhadap penderitaan masyarakat akibat kemarau panjang.

Wiwaha mengungkapkan, sejauh ini sudah banyak relawan Muhammadiyah tak henti-hentinya menyalurkan air bersih buat keperluan sehari-hari. “Itu murni misi kemanusiaan dan tak perlu gembar-gembor,” katanya.  

Sebagai catatan, PDM Sukoharjo selama ini telah mendistribusikan air sebanyak 8.000 liter di Dukuh Kuwiran, Desa Karang Tengah. Dalam jumlah yang sama, yaitu 8.000 liter air bersih sudah disalurkan ke  Desa Karang Wuni. Sebanyak 8.000 liter air bersih lagi serahkan buat warga Desa Tawang. “Untuk penyaluran air bersih tersebut, kami  bekerjasama dengan Wahana Permainan Kidoland Plesan Nguter,” ujar Wiwaha.

Bukan itu saja data penerima air bersih dari Muhammadiyah. Masih ada 40.000 liter yang  dari Kidoland yang siap didistribusikan. Sebelumnya, PDM Sukoharjo sudah mengirim 50.000 liter untuk  Weru dan Puron Bulu. “Periode pertama 8 tanki, 6.000 liter yang  ke Weru. Kita siapkan 15 tanki tapi 8.000 liter, jadi sudah tersalur sekitar 8 tanki,” katanya.

Saat menyampaikan “titipan” umat berupa air bersih untuk masyarakat Dukuh Kuwiran, Desa Karang Tengah, Kecamatan Weru,
Pimpinan Daerah Sukoharjo melalui Lazismu juga telah menyalurkan air bersih sekitar 120.000 liter.

“Semoga bermanfaat dan kepada donatur kami mengucap terima kasih seraya berdoa agar menjadi amal sholeh yang baik, serta semoga Allah SWT membalas seluruh kebaikan,” tandasnya.(bs9)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *