“Sebanyak 11.000 pelaku UMKM telah terdaftar di Indonesia Mall,” kata Amam Sukriyanto, Corporate Secretary PT BRI (Persero) Tbk Minggu (29/3/2020).

JAKARTA (Eksplore.co.id)-Bank Rakyat Indonesia (BRI) medukung kelangsungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) go line dengan penyediaan platform digital bernama ‘Indonesia Mall’. Langkah ini diharapkan memperluas pengunaan produknya,

Sebanyak enam kota telah dirambah layanan Indonesia Mall yakni Jakarta (DKI Jakarta) dan Bandung (Jawa Barat) sampai akhir 2019. Kemudian, Yogyakarta (Daerah Istimewa Yogyakarta)  Malang (Jawa Timur), Surabaya (Jawa Timur), dan Tangerang (Banten).

“Sebanyak 11.000 pelaku UMKM telah terdaftar di Indonesia Mall,” kata Amam Sukriyanto, Corporate Secretary PT BRI (Persero) Tbk Minggu (29/3/2020).

Indonesia Mall juga akan menjangkau kota-kota di luar Pulau Jawa dengan Indonesia Mall yakni Meda (Sumatera Utara) dan Palembang (Sumatera Selatan). Berikutnya, Denpasar (Bali),keidan Makassar (Sulawesi Selatan).

Untuk merealiasikan target tadi digandeng Haistar sebagai penyedia jasa e-commerce solution dan warehouse logistic. Haistar akan melakukan operasional, on boarding, dan pembukaan pusat logistik di setiap kota.

Khusus UMKM bidang kuliner yang bergabung dengan Indonesia Mall akan dibantu penjualan produknya melalui GoFood dan GrabFood untuk pengiriman same day delivery. Untuk layanan cash on delivery dan pick up difasilitasi oleh PT Pos Indonesia.

BRI mematok sebanyak 30.000 pelaku UMKM masuk Indonesia Mall pada empat kota di atas. Pencapaian ini diawali dengan 2.000 UMKM.

Sejumlah produk-produk UMKM yang dibina BRI dapat diperoleh melalui Qoo10 Singapura, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blanja.com, dan Blibli.com.

Pelaku UMKM binaan BRI meraih Gross Merchandise Value (GMV) sampai Rp3,2 miliar pada 2019. Bank ini bisa meraup dana simpanan Rp800 juta dari pelaku UMKM go line dan pengajuan kredit usaha hingga Rp11,7 miliar. (mam)

 

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini