Asuransi Jiwasraya diminta segera membayar polis nasabah

JAKARTA (Eksplore.co.id) – Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina mendorong Jiwasraya segera menyelesaikan kewajibannya kepada nasabah pemegang polis. Hingga kini mereka belum mendapatkan haknya.

“Upaya penyelesaian kewajiban pembayaran pembayaran pemegang polis ini merupakan masalah hati nurani bangsa. Negara kita turut hadir dan bertanggung jawab atas segala permasalahan yang disebabkan institusi di lingkungannya,” kata Nevi Zuairina dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengingatkan pada pembahasan 5 Desember 2019 disampaikan bahwa ada dugaan investasi dengan nilai cukup besar yang bisa menimbulkan potensi gelembung. Bila pihak terkait sebelumnya cepat menangani kasus tersebut, tentu tidak akan serumit sekarang.

“Secara logika, bila dijalankan dengan tepat, Jiwasraya ini mestinya tidak sampai rugi. Saya secara pribadi menyarankan kepada pemerintah agar ada fokus penyelesaian penyelamatan dana nasabah, selain proses hukum yang sedang berjalan,” katanya.

Belajar dari kasus Jiwasraya ini, ujar dia, ke depan pemerintah perlu membentuk lembaga penjamin polis. Hal ini penting agar kasus gagal bayar polis asuransi tidak terulang kembali. Tindakan ini telah diamanatkan oleh UU No.40/2014 tentang Perasuransian.

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini