JAKARTA (Eksplore.co.id) – Pandemi virus corona (Covid-19) sudah makan banyak korban jiwa di Indonesia. Mereka adalah para tenaga medis baik dokter maupun perawat, juga para pejabat dan masyarakat biasa. Hingga 7 April 2020 tercatat 2.738 kasus dan 221orang meninggal.

Sebagai bentuk bela sungkawa masyarakat dan bangsa Indonesia, Asosiasi Profesional Indonesia Bangkit (APIB) mengusulkan kepada pemerintah agar menetapkan bulan April sebagai bulan berkabung. Hal itu ditandai dengan menaikkan bendera Merah Putih setengah tiang.

“Pemasangan dilakukan setidaknya di seluruh wilayah terdampak virus corona,” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) APIB Memet Hakim. Seruan pemasangan bendera setengah tiang tersebut secara khusus ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, Gubernur, Bupati/Walikota, dan seluruh Rakyat Indonesia. Sedangkan surat seruan itu ditandatangani ketua umum beserta sekjen DPP APIB Kol Inf (Purn) Fachri Airo.

Dalam suratnya, dicantumkan pula daftar para medis, khususnya dokter yang meninggal dunia akibat terpapar virus corona. Di urutan pertama terdapat nama Prof Iwan Dwi Prahasto, dan terakhir dr Naek L Tobing. (bn)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini