BOYOLALI (Eksplore.co.id) – Babinsa benar- benar dekat sama rakyat. Mereka terjun di tegah-tengah masyarakat. Buktinya Babinsa di Desa  Dukuh Koramil 08/Banyudono Kodim 0724/Boyolali  membantu petani membajak sawah lahan milik Kardi, anggota Kelompok Tani “Sejahtera” Dukuh Malangan, Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Senin( 03/02/2020).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya khusus (Upsus) TNI AD untuk mendukung progam swasembada pangan di Boyolali, khususnya di Kecamatan Banyudono. Selain menjadi pendamping Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Babinsa juga terjun langsung membantu petani mulai dari penyiapan lahan, pembajakan, pembibitan, penanaman, hingga saat panen tiba.

Serma Kurniadi, Babinsa Koramil 08/Banyudono Kodim 0724/Boyolali menjelaskan, kegiatan yang dilakukan ini untuk memberikan motivasi kepada para petani agar segera mengolah sawahnya dan mempercepat masa tanam.

Menurut Kurniadi, ada kebiasaan para petani setelah masa panen kadang terlambat mengolah kembali lahan sawahnya. Alasan, masih sibuk menjemur gabah. Hal ini harus terus diingatkan terus agar lahan sawahnya tidak terlalu lama mengganggur.

“Bila percepatan penanaman padi terus dilakukan maka bisa dipastikan hasil panen petani tahun ini akan meningkat, kegiatan ini kita laksanakan sebagai bentuk tugas dan tanggungjawab sebagai seorang Babinsa,”. ujar Babinsa Banyudono ini.

Mendapat bantuan Babinsa, tentu saja Kardi selaku pemilik lahan mengaku bersyukur dan berterima kasih telah dibantu. “Kami semakin bersemangat untuk percepatan masa tanam, semoga hasil panen nanti hasilnya akan melimpah dan dapat menunjang program swasembada pangan nasional,” ujarnya.

Membantu Fogging
Sebelumnya, Babinsa  Pelem Koramil 12/Simo Kodim 0724/Boyolali Koptu Nuryanto juga turun ke Dukuh Wonokerti, Desa Pelem.  Dia membantu petugas kesehatan dari Puskesmas Simo melakukan fogging (penyemprotan) terhadap nyamuk aedes agypti yang menyebarkan wabah demam berdarah dengue (DBD).

Fogging diadakan karena di musim hujan ini merupakan masa subur berkembang biaknya nyamuk aedes agypti. Termasuk di wilayah Wonokerti. Fogging diadakan pada Minggu (2/2/2020).

Aktivitas kedua Babinsa itu dibenarkan Kepala Penerangan Kodim 0724/Boyolali. (taufiq zuliawan)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini