“Masyarakat juga dapat memanfaatkan call center BRI di 14017 atau 1500017 sebagai alternatif layanan BRI,” jelas Amam Sukriyanto, Corporate Secretary PT BRI (Persero) Tbk.

JAKARTA (Eksplore.co.id)-Bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan penyesuaian jam layanan operasional. Kebijakan ini ditempuh guna mengikuti arahan pemerintah agar perusahaan mengurangi kegiatan operasional.

Salahsatu bank itu adalah Bank Negara Indonesia (BNI) yang menyesuaikan jam layanan operasional menjadi pukul 09.00 sampai 15.00 waktu setempat.

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk dukungan atas arahan pemerintah untuk memaksimalkan phisical distancing yaitu mengurangi lama waktu interaksi antara nasabah dengan petugas bank.

Dengan demikian nasabah BNI dan masyarakat diharapkan tidak terganggu dan dapat memanfaatkan layanan e-channel. Layanan yang dimakud adalah BNIDirect untuk perusahaan dan BNI Mobile Baking, BNI SMS Banking, dan BNI Internet Banking utk nasabah perorangan.

“Kami menghimbau nasabah agar menggunakan fasilitas transaksi elektronik yang kami miliki pada berbagai e-channel BNI,” kata Adi Sulistyowati, Direktur Jaringan dan Layanan PT BNI (Persero) Tbk pada Senin (23/3/2020).

Bank Mandiri juga melakukan kebijakan serupa sebagai bentuk komitmen perseroan dalam menjaga keselamatan dan kesehatan karyawan, nasabah, mitra kerja dan masyarakat dari penyebaran corona virus disease 2019/covid-19 (virus korona).

Langkah lain dilakukannya dengan mengalihkan operasional kantor cabang di wilayah Jakarta. “Informasi lebih lengkap tentang operasional cabang Bank Mandiri dapat di lihat di www.bankmandiri.co.id atau menghubungi layanan nasabah Bank Mandiri Call 14000,” kata Rully Setiawan, Corporate Secretary PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Rully Setiawan.

Seorang nasabah dapat menggunakan Mandiri Online untuk melakukan berbagai transaksi keuangan. Transaksi-transaksi yang dimaksud antara lain transfer antarrekening Bank Mandiri atau bank lain dan pembayaran-pembayaran pajak.

Kemudian, Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), telepon, kartu kredit, pembelian pulsa, token PLN, dan membuka rekening deposito.

Bahkan, masyarakat dapat memiliki rekening tabungan Bank Mandiri tanpa harus ke kantor cabang, yaitu melalui scan QR atau klik join.bankmandiri.co.id.

Nasabah perusahaan juga dapat melakukan transaksi perbankan menggunakan Mandiri Cash Management, yang meliputi transfer dana maupun virtual account hingga ke sistem payroll.

Sementara itu Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyesuaikan jam layanan pada unit kerja yang terdapat di zona merah mulai pukul 09.00-14.00 waktu setempat dan layanan nasabah 09.00-15.00 waktu setempat. Waktu operasional ini diharapkan tidak kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Masyarakat juga dapat memanfaatkan call center BRI di 14017 atau 1500017 sebagai alternatif layanan BRI,” jelas Amam Sukriyanto, Corporate Secretary PT BRI (Persero) Tbk.

Untuk menghadapi kondisi sulit sekarang seperti wabah covid-19 dilakukan BRI berupa Banking Command Center. Fasilitas ini telah menyiapkan protokol Business Continuity Management.

BRI mengelola Banking Command Center terbagi atas sebesar 70% oleh Work From Home (WFH) dan sisanya secara langsung dari kantor. Selain itu dilakukan dengan split operation dan alternate site sebagai langkah mitigasi risiko operasional.

Pengecekan suhu tubuh juga dilakukan bagi setiap orang yang memasuki BRI. Upaya ini guna meningkatkan proteksi dan perlindungan bagi nasabah dan pekerja dan kesiapan perusahaan mengelola situasi krisis.

Khusus pekerja juga diberikan vaksin, menjaga kebersihan tempat kerja dengan penyemprotan disinfektan dan menyiapkan moda transportasi. “Ini semua upaya kami lakukan untuk memastikan BRI tetap dapat melayani masyarakat secara optimal,” pungkasnya. (mam)

 

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini