Menteri Keuangan Sri Mulyani

JAKARTA (Eksplore.co.id) – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bakal mendapat tambahan anggaran guna menangani virus corona (Covid-19).

“Kita siap memberikan kebutuhan dalam rangka penanganan itu,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (4/03/2020).

Sri Mulyani mengatakan, saat ini pihaknya masih koordinasi untuk mengetahui secara pasti besaran anggaran yang akan ditambahkan.

“Sampai sekarang kita terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan kebutuhannya apa dan timnya seperti apa. Nanti akan kita lakukan,” ujar Sri Mulyani.

Sebagai informasi, pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk Kemenkes sebesar Rp57,4 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020.

Pemerintah juga memastikan akan menanggung biaya pelayanan kesehatan pasien Covid-19, dengan merujuk Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/ MENKES/104/2020 tentang Penetapan Infeksi Corona Virus sebagai Penyakit Dapat Menimbulkan Wabah dan Penanggulangannya.

Diktum kedua dalam Kepmenkes yang ditandatangani pada 4 Februari 2020 itu menyebutkan, segala bentuk pembiayaan terkait penanggulangan dibebankan pada anggaran Kemenkes, pemerintah daerah, dan atau sumber dana lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.(ps)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini