http://www.eksplore.co.id/wp-admin/post-new.php

JAKARTA (Eksplore) – Telkomsel menyatakan dukungannya kepada  Kementerian Koperasi dan UKM untuk menaikkelaskan usaha mikro,  kecil, dan menengah (UMKM) UMKM melalui program digitalisasi usaha. Kebetulan Telkomsel baru saja meluncurkan platform atau aplikasi baru bernama “99% Usahaku”.

Platform itu merupakan layanan Telkomsel khusus untuk UMKM. “Saat ini sudah ada 5.000 produk UMKM yang sudah tergabung dalam platfrom ini, nantinya platform ini akan dikolaborasikan dengan Kemenkop dan UKM untuk pemasaran produk UMKM,” kata Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir.

Hal itu diungkapkan Dharma usai menemani Komisaris Telkomsel  Yose Rizal menemui Menteri Koperasi  (Menkop) dan UKM Teten Masduki di Jakarta, Jum’at (15/11/2019). Pada kesempatan itu, Menkop didampingi Deputi Bidang Kelembagaan Luhur Pradjarto.

“Tadi kami mendapat penjelasan dari Pak Menteri yang intinya adalah bagaimana UMKM yang jumlahnya 60 juta lebih ini bisa naik kelas. Kami sangat mendukung dan siap men-support upaya itu melalui digitalisasi, dimana kita tahu go digital menjadi cara yang efektif untuk menaikkelaskan UMKM,” ujar Dharma.

Dharma menjelaskan, untuk bisa naik kelas, UMKM harus melakukan capability produknya,  lalu dibarengi dengan upaya memperluas pemasaran. Cara yang paling efektif memasarkan produk adalah melalui digitalisasi. “Selain merupakan sarana pemasaran efektif karena menjangkau 98% wilayah Indonesia dengan 170 juta pelanggan, platform ini juga bisa menjadi sarana edukasi bagi UMKM,” ujarnya.

Apa dan bagaimana 99% Usahaku? Platform itu menyediakan berbagai konten pembelajaran, seperti digital learning, artikel informasi bisnis, sukses para pelaku UMKM, maupun sebagai forum komunikasi antar pelaku UMKM, ragam solusi layanan UMKM , serta akses cakupan pasar yang lebih luas guna meningkatkan kapasitas penjualan.

Dharma mengatakan, selama ini ekosistem UMKM cenderung terpisah, dan dengan digital ini, semua stakeholder bisa disatukan dalam satu ekosistem yang lebih luas. Penguatan eksosistem ekonomi digital dalam aktivitas bisnis UMKM yang didukung ragam layanan solusi bisnis berbasis digital, akan terus berkembang jika cepat diadopsi para pelaku UMKM.

Aplikasi 99% Usahaku sudah dapat diunduh di Google Play Store atau melalui tautan tsel.me/99usahaku. “Kami berharap kolaborasi bersama komunitas para pelaku UMKM akan memastikan percepatan adopsi ekonomi digital segmen UMKM. Dengan dukungan infrastruktur konektifitas terluas dan berteknologi terdepan dari Telkomsel, serta ragam solusi layanan segmen UMKM yang sesuai kebutuhan,” kata Dharma.

Edukasi UMKM

Sementara itu, Deputi Bidang Kelembagaan Kemenkop dan UKM Luhur Pradjarto menerangkan, kerjasama yang ditawarkan Telkomsel ini sesuai dengan visi dan misi Kemenkop dan UKM untuk bisa membuat UMKM dan koperasi bisa naik kelas. “UMKM yang diwadahi dalam koperasi banyak memerlukan sentuhan teknologi dimana digitalisasi menjadi solusi pang efektif dan efisien, karena itu kami menyambut baik tawaran kerjasama ini,” kata Luhur.

Menurut  Luhur, Kemenkop dan UKM akan menggandeng asosiasi atau komunitas UMKM untuk melakukan kurasi terhadap produk UMKM yang potensial. “Kami juga minta Telkomsel untuk mempromosikan produk produk UMKM yang layak masuk pasar, juga memberikan edukasi pada UMKM agar bisa naik kelas,” tambah Luhur. (ban)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini