RSPI Sulianti Saroso

JAKARTA (Eksplore.co.id) – Dua pasien virus corona (Covid-19) yang dirawat di RSPI Sulianti Saroso dinyatakan pulih. Pemulihan ini banyak dipengaruhi oleh faktor imunitas tubuh pasien.

“Secara prinsip virus merupakan self limited disease yang artinya penderita dapat recovered (pulih) sendiri, yaitu dengan kemampuan individu tersebut dalam hal imunitas-nya,” kata Dokter Mikrobiologi Klinik (RSPI) Sulianti Saroso, dr Teguh Sarry Hartono di Jakarta, Rabu (11/03/2020).

Menurut dia, daya imunitas tubuh memainkan peran penting dalam proses pemulihan. Sebab, sampai saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan COVID-19.

“Sampai saat ini pengobatan spesifik untuk COVID-19 memang belum ada. Dalam arti kata, obat anti-virus khusus memang belum ada sehingga pengobatan yang saat ini diberikan memang bertujuan memperbaiki keadaan umum (kondisi tubuh) pasien,” terang dr Teguh.

RSPI Sulianti Saroso, pada hari ini, menyatakan dua dari total delapan pasien positif COVID-19 telah dinyatakan pulih setelah pemeriksaan menunjukkan hasil negatif. Dua pasien itu merupakan seorang warga negara Indonesia berjenis kelamin perempuan dan seorang warga negara asing berjenis kelamin laki-laki.(ps)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini