Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah (Jateng) Yulianto Prabowo mengungkapkan 60 orang tenaga medis telah terinfeksi positif Covid-19 (Virus Korona) di rumah sakit rujukan yang terletak di Jateng.

SEMARANG (Eksplore.co.id)-Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah (Jateng) Yulianto Prabowo mengungkapkan 60 orang tenaga medis telah terinfeksi positif Covid-19 (Virus Korona) di rumah sakit rujukan yang terletak di Jateng.

Dari angka itu dua tenaga medis yang meninggal dunia yakni NK (38) warga Ungaran, Kabupaten Semarang yang bekerja di RSUP Kariadi Semarang pada Kamis (9/4/2020).

Selanjutnya, RI (52) seorang perawat warga Gedawang, Banyumanik yang bekerja di RSUP Kariadi Semarang yang meninggal dunia pada Jumat (17/4/2020).

“Proses penularannya bisa terjadi melalui keluarga pasien atau pengunjung lain di rumah sakit yang kontak langsung dengan tenaga medis,” katanya dalam video siaran persnya, Jumat (24/4/2020).

Mereka bisa tertular melalui percikan saat bersin, batuk, atau melalui kontak secara tidak langsung seperti tertular dari media perantara benda mati yang terkontaminasi Covid-19 seperti baju pasien, peralatan mebel, dan peralatan medis.

Selain itu juga bisa dari pemakaian alat pelindung diri (APD) yang tidak terkelola dengan baik,” katanya.

Dengan demikian Yulianti meminta semua tenaga medis yang menangani Covid-19 mesti mematuhi protokol kesehatan terutama pengenaan APD sesuai tingkatan kasus yang ditangani. “Kita tidak tahu apakah pasien itu positif atau tidak,” jelasnya. (mam)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini