Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

DEPOK (Eksplore.co.id) – Jawa Barat menyiapkan 28 rumah sakit (RS) guna menangani pasein terinfeksi virus corona. Rumah sakit rujukan Jawa Barat, yakni Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung juga sudah siaga.

“Jawa Barat sudah menyiapkan sekitar 28 rumah sakit dan RSHS sebagai tempat untuk proses hal ini,” kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Gedung Balai Kota Depok, Jawa Barat, Senin (2/3/2020) malam.

Untuk wilayah Depok, gubernur memastikan semua rumah sakit daerah bisa menerima pasien dengan gejala corona. RSUD Depok misalnya, disiagakan untuk cepat tanggap dalam penanganan pasien yang merasa terinfeksi virus ini.

“Jadi nanti Rumah Sakit Umum Daerah Bu Direktur tadi sudah melaporkan 1 lantai siap minimal ada 30 kapasitas untuk isolasi. Itu sudah siap jaga-jaga dibutuhkan,” kata kata Ridwan.

Dalam kesempatan itu, dia juga membuka peluang bagi rumah sakit swasta yang ingin berpartisipasi penanganan pasien corona di wilayah Jawa Barat. Jika pihak swasta ingin berpartisipasi, menurut Emil, akan lebih baik melaporkan hal tersebut ke pemerintah.

“Nanti biar dapat clearance dari tim krisis center,” jelasnya.

Pemerintah Indonesia telah memastikan wabah virus corona masuk ke Indonesia. Bahkan telah ada warga negara Indonesia yang terserang virus ini dan tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianto Suroso.

Korban adalah warga Depok, seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya berusia 31 tahun. Pemerintah menjelaskan bahwa dua warga Depok itu terinfeksi usai bertemu warga negara Jepang yang selama ini tinggal di Malaysia. WN Jepang itu sempat berkunjung ke Indonesia.(ps)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini