“Di China pun sekarang belum normal seperti saat belum ada Covid-19. Kita lihat anak-anak di sekolah masih menggunakan face shield," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona, Achmad Yurianti dalam diskusi virtual pada Minggu (3/5/2020).

JAKARTA (Eksplore.co.id)-Pemerintah Indonesia menyatakan kondisi normal yang akan dicapai Indonesia pada Juli 2020 seperti yang diperkirakan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo tidak sama dengan sebelum pandemi Corona Virus Disease 2019/Covid-2019 (Virus Korona).

Karena, suatu aktivitas di luar rumah dapat dilakukan dengan berbagai penyesuaian seperti social distancing (menjaga jarak) dan menggunakan masker.

“Di China pun sekarang belum normal seperti saat belum ada Covid-19. Kita lihat anak-anak di sekolah masih menggunakan face shield,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona, Achmad Yurianto dalam diskusi virtual pada Minggu (3/5/2020).

Covid-19 merupakan pandemi global, sehingga masalah ini tidak dapat secara langsung selesai. Walaupun, di Indonesia sudah tidak terjadi penambahan kasus baru di Indonesia.

“Bahaya masih mengintai dari kasus baru yang berpotensi muncul dari kedatangan warga negara asing ke Indonesia seperti di China mengeluhkan kasus impor setelah tak ada transmisi lokal di negaranya,” ujarnya.

Dengan demikian, pandemi Covid-19 sulit dikatakan akan berakhir di Indonesia, karena ini tergantung di negara-negara lain apakah pandemi ini sudah selesai di sana. “Ini bukan sesuatu yang simpel, sederhana,” tandasnya. (mam)

 

 

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini