“Masyarakat harus menjalankan pencegahan penularan Covid-19 secara disiplin,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona Achmad Yurianto di Jakarta pada Selasa (5/5/2020).

JAKARTA (Eksplore.co.id)-Pemerintah Indonesia berharap kehidupan yang lebih baik bisa dimulai pada Agustus 2020. Kondisi ini bisa diperoleh Indonesia, jika pandemi Corona Virus Disease 2019/Covid-19 (Virus Korona) dapat dikendalikan pemerintah pada Juni 2020-Juli 2020.

“Masyarakat harus menjalankan pencegahan penularan Covid-19 secara disiplin,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona Achmad Yurianto di Jakarta pada Selasa (5/5/2020).

Kehidupan lebih baik dijalankan dengan pola hidup normal baru yakni masyarakat mencuci tangan untuk menjaga kebersihan guna menghindari penularan berbagai penyakit.

Keluarga juga menjaga pola hidup sehat dengan menyediakan makanan bernutrisi bagi masing-masing anggota keluarga.

“Kita sudah punya kehidupan normal yang berdisiplin dalam penerapan pola hidup bersih sehat (PHBS),” ujarnya.

Sebelumnya, Yurianto sudah mengemukakan apabila masyarakat mengikuti aturan pemerintah, maka penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan pada Juni hingga Juli nanti. Aturan yang dimaksud adalah pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah.

Kemudian, physical distancing (menjaga jarak) diterapkan bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang menerapkan PSBB. Masyarakat juga diminta melaksanakan aturan tidak mudik atau keluar rumah untuk hal yang tidak pernting.

“Jika masyarakat terpaksa keluar rumah, maka mereka harus menggunakan masker, membatasi waktu keluar rumah, dan menghindari keramaian,” ujarnya.

Kemudian, masyarakat diminta segera melepas masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir selama 20 detik, dan berganti pakaian jika merasa kontak dekat dengan pasien positif Covid-19.

Yuri mengklaim penyebaran Covid-19 sudah mulai bisa dikendalikan oleh pemerintah. Namun, masyarakat tetap diminta terus mematuhi aturan secara benar.

“Itu tidak bisa dilakukan sebagian orang atau sekelompok orang, tetapi itu harus dikerjakan oleh semua secara bersama-sama bergotong royong,” paparnya. (mam)

 

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini