SUKOHARJO (Eksolore.co.id) – Sejarah mencatat, lurik tenun di Dukuh Senden Tawang Kecamatan Weru, Sukoharjo memiliki daya tarik tersendiri dan keunggulannya bagi para peminat lurik.

Seperti halnya Zizo lurik tenun yang berada di Senden, RT. 03/RW.05 , Tawang, Weru, Sukoharjo. Pembuatan kain lurik di dukuh Senden itu , dilakukan turun-temurun selama ratusan tahun. Bahkan, Zizo Luriknya diakui Agung dan Reni ( Suami Istri) pengrajin, usahanya sudah punya garis turun-temurun dari orang tuanya dan keturunan nenek moyangnya.

Setidaknya menurut pengakuan Agung, Owner Zizo Lurik sekaligus pengrajin lurik. Dia mengatakan kerajinan luriknya meneruskan jejak usaha orang tuanya.

Di Kawasan Dukuh Senden, Desa Tawang memiliki sejarah panjang perjalanan Lurik di Kecamatan Weru, Sukoharjo ini. “Lurik kami memiliki khas tersendiri dari segi motif serta kenyamanan untuk pengguna lurik khas Senden, Desa Tawang Weru, Sukoharjo,” kata Agung, kepada media ini, Ahad ( 7/1/2021).

Sekedar catatan, Produksi tenun lurik ini mendapat tanggapan positif dari Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. Terkait pendistribusiannya sudah sampai di kawasan Sukoharjo dan Solo sekitarnya melalui via online maupun offline.

Namun demikian, suami Reni ini berharap di tengah pandemi ini Pemkab Sukoharjo melalui Dinas terkait agar lebih memperhatikan lagi khususya di Lurik Senden, Desa Tawang Kecamatan Weru Sukoharjo.

“Di tengah pandemi ini, kami bekerja keras untuk melakukan berbagai terobosan agar kami bisa bertahan, ini juga bentuk kepedulian kami terhadap pelestarian nguri- nguri budaya lurik agar selalu tetap ada, ” ucapnya.

Secara terpisah, Sriyanto, anggota DPRD Sukoharjo periode 1999-2019
mengatakan sangat mengapresiasi potensi produk lurik tenun di Saden, Desa Tawang. Produk unggulan di Kecamatan Weru merupakan aset Weru yang perlu mendapat dukungan.

“Bahkan saya berharap pemerintah memperhatikan aset tersebut agar ke depan produk lurik semakin mendunia. Semakin banyak masyarakat yang bisa menikmati dari produk lurik dari senden.” (B)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini