Direktur Utama LPDB - KUMKM, Soepomo bersama koperasi penerima dana bergulir ditengah pandemi Covid - 19.

JAKARTA (Eksplore.co.id) – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) komit dalam melaksanakan tugasnya untuk menyalurkan pinjaman/pembiayaan dana bergulir kepada koperasi-koperasi di tanah air. Meskipun dalam situasi wabah covid-19, sangat beresiko sekali bagi lembaga keuangan dalam menyalurkan pembiayaan, tapi karena komitmenya kepada koperasi dan UMKM, tak membuat LPDB surut. Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo dalam keterangan tertulisnya yang diterima Eksplore, Minggu (7/6/2020).

Lebih jauh Supomo mengatakan, koperasi dan UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional dan meruapakan instrumen dalam peningkatan kesejahteraan, pemerataan distribusi pendapatan dan pengaman sosial. Oleh karena itu, LPDB-KUMKM yang merupakan satuan kerja dari Kementerian Koperasi dan UKM diberi tugas untuk menyalurkan pinjaman/pembiayaan dana bergulir untuk membantu KUMKM agar tetap menjalankan usaha di tengah masa sulit akibat pandemi covid-19.

“Kami sadar itu memiliki risiko saat harus bertugas menyalurkan dana bergulir di tengah pandemi Covid. Namun kami tetap hadir untuk memberikan solusi agar koperasi dapat tetap menyelenggarakan pelayanan bagi anggota yang memiliki unit usaha dan membutuhkan koperasi walaupun kondisi saat ini sangat sulit untuk menjalankan usaha,” terang Supomo.

LPDB-KUMKM mencatat selama masa pandemi Covid-19 telah menyalurkan dana bergulir mencapai Rp307,3 miliar. Jumlah ini akan terus bertambah menyusul wabah Covid-19 belum dapat diperkirakan kapan berakhir. Sementara penyaluran dipastikan akan terus berjalan guna membantu likuiditas koperasi.

“Selama masa pandemi Covid-19, yakni per periode Maret sampai dengan akhir Mei 2020, LPDB-KUMKM telah menyalurkan dana bergulir sebesar Rp307,3 miliar, dengan rincian Rp211,8 miliar untuk pinjaman konvensional dan sebesar Rp95,5 miliar disalurkan untuk pembiayaan syariah,” kata Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo. (gu)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini