Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo meminta pemerintah membuat situs khusus yang memuat data penerima bantuan sosial (bansos) dan proses penyalurannya supaya ini bisa diketahui publik secara transparan.

JAKARTA (Eksplore.co.id)-Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo meminta pemerintah membuat situs khusus yang memuat data penerima bantuan sosial (bansos) dan proses penyalurannya supaya ini bisa diketahui publik secara transparan.

Karena, banyak kepala keluarga (KK) masih banyak belum terdata sebagai penerima bansos sampai sekarang.

“Pemerintah perlu membangun sistem transparansi data penerima bansos dengan membuat situs resmi khusus bansos disertai informasi detail skema bansos yang dapat diakses oleh publik,” katanya pada Jumat (8/5/2020).

Dengan demikian masyarakat dapat melakukan pengawasan dan memantau proses verifikasi dan validasi status mereka sebagai penerima bansos secara langsung. Kehadiran situs ini juga akan memudahkan pemerintah mengevaluasi dan merevisi data penerima bansos tahap I.

“Penyaluran bansos tahap II akan didasari dengan data yang lebih akurat dan berjalan maksimal,” ujarnya.

Bambang juga meminta pemerintah terus menyosialisasikan dan memublikasikan prosedur pemberian dan penyaluran bansos secara transparan dan terbuka. Sebab, informasi siapa saja yang bisa mendapatkan dan bantuan apa yang akan didapatkan masih minim sekali.

“Kami mendorong pemerintah (Kementerian Sosial) dapat menjamin dan memastikan program jaring pengaman sosial termasuk bansos tetap berjalan secara transparan, akuntabel, serta tepat sasaran,” pungkasnya. (mam)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini