Gibran Rakabuming Raka bersama istri, Selvie Ananda

JAKARTA (Eksplore.co.id)- DPP PDIP telah merampungkan rekomendasi calon kepala daerah pada Pilkada Solo 2020. Meski demikian, nama yang bakal diusung masih menunggu pengumuman dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Seperti diketahui, salah satu pendaftar Pilkada Solo melalui PDIP adalah putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka. Hanya saja, Gibran harus bersabar karena PDIP belum mengumumkan nama yang akan diusung pada agenda politik lima tahunan tersebut.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP PDIP Bambang Wuryanto menyatakan, partainya telah menetapkan pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang akan diusung dalam Pilkada Solo 2020.

“Pilkada Solo sudah selesai, sudah (diputuskan), di depan Bu Ketum (Megawati Soekarnoputri) sudah selesai,” kata Bambang di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (9/03/2020).

Namun, dia enggan mengungkapkan siapa pasangan calon yang akan diusung PDIP di Pilkada Solo tersebut, karena bukan kewenangannya untuk mengatakannya.

Menurut dia, pasangan calon itu akan diumumkan oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

“Rekomendasi sudah selesai, soal pengumuman bukan di saya tapi di Ibu Ketua Umum dan Sekjen PDIP,” ujarnya.

Dia memperkirakan pengumuman akan disampaikan pada akhir Maret 2020 sehingga ada waktu sekitar lima bulan bagi DPD dan DPC PDIP melakukan persiapan pemenangan di wilayah Solo.

Menurut dia, setelah pengumuman disampaikan maka DPC PDIP Surakarta akan dipanggil DPP PDIP untuk dijelaskan langkah pemenangan di Pilkada.

“Medan dan Solo itu wilayah khusus, ibu (Megawati) akan memberikan pernyataan,” ucapnya.

Dia menilai untuk Solo lebih mudah diputuskan karena semua calon mendaftar di PDIP seperti Gibran Rakabuming Raka dan Achmad Purnomo.(ps)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini