Ilustrasi Ibu Kota Baru

JAKARTA (Eksplorer.co.id) – Pemerintah telah menyelesaikan RUU Ibu Kota baru. Rencananya, regulasi tersebut akan dikirim ke DPR, pekan depan.

“Draf undang-undang ibu kota sudah rampung, minggu depan Insya Allah kita akan sampaikan ke DPR,” kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (17/01/2020).

Lokasi calon ibu kota baru berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan di sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Kontur lokasi memang berbukit-bukit karena merupakan bekas hutan tanaman industri seluas 256 ribu hektare dengan kawasan inti seluas 56 ribu hektare.

“Kita ingin membangun sebuah kepercayaan, ingin membangun sebuah trust karena nanti di ibu kota baru ini ada klaster-klaster yang ingin kita bangun. Ada klaster pemerintahan yang 100 persen akan dibangun dari APBN, klaster kesehatan ada rumah sakitnya, klaster pendidikan ada SD, SMP, SMA sampai universitas yang kita harapkan kelas dunia semua,” ungkap Presiden.

Selanjutnya klaster inovasi, dimana talenta-talenta muda akan berkumpul dan melakukan riset dan inovasi-inovasi untuk kemajuan negara, klaster hiburan dan terakhir klaster financial center.

“Selain itu kendaraan yang ingin kita pakai di sana transportasi massalnya electric vehichle, auotonomous transport. Kendaraan pribadi juga electric vehicle dan autonomous,” tambah Presiden. (ps)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here