“Kepastian rentang waktu PSBB akan mengikuti keputusan gubernur,” kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi pada Senin (27/4/2020).

KOTA BEKASI (Eksplore.co.id)-Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat (Jabar) mengusulkan perpanjangan masa pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kepadanya hingga 7 Mei 2020 kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

Karena, penerapan ini akan berakhir pada Selasa (27/4/2020) yang telah dimulai pada Rabu (15/4/2020). “Kepastian rentang waktu PSBB akan mengikuti keputusan gubernur,” kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi pada Senin (27/4/2020).

Pengajuan perpanjangan pemberlakukan PSBB didasarkan beberapa pertimbangan yakni kasus Corona Virus Disease 2019/Covid-19 (Virus Korona) di Kota Bekasi semakin meningkat setiap hari.

Sebanyak 233 kasus positif Covid-19 terjadi di Kota Bekasi sampai sekarang. Bahkan, pasien suspect meninggal dunia di kota ini bertambah menjadi 125 orang.

Angka ini masih lebih besar dibandingkan jumlah pasien sembuh, yaitu 70 orang. “Ini positifnya masih naik, jadi perlu diantisipasi,” ujarnya.

Pemprov Jabar juga diminta menerbitkan dasar hukum yang dapat dijadikan pengenaan sanksi bagi pelanggar aruran PSBB di Kota Bekasi. Selama ini PSBB sulit diterapkan secara efektif, karena para aparat daerah tidak punya dasar hukum tersebut.

“Kami minta ada ketegasan dalam pemberian sanksi karena sekarang belum ada tindak tegas,” jelasnya.

Apabila itu tidak diberikan, maka dia minta diberikan kewenangan membuat aturan mengawasi dan menindak pelanggar PSBB. Karena, ini overlaping aturan PSBB yang diterbitkan pemerintah pusat.

“Perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Bekasi yang tidak dikecualikan harusnya patuh terhadap pembatasan, jangan ada tidak singkron antara keputusan menteri dengan keputusan menteri lainnya,” kata Pepen.

Penghentian operasional Kereta Rangkaian Listrik (KRL) Commuterline selama penerapan PSBB tahap kedua. Hal ini guna mengurangi pergerakan warga Bekasi ke Jakarta. (mam)

 

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini