Beberapa goweser peserta ekspedisi Susur Pantai Selatan Jawa, mengikuti peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 di Rawa Buaya, Garut, Senin (17/8/2020) (foto sundarto yoso)

GARUT (Eksplore.co.id) – Sebanyak 56 orang goweser memperingati 75 tahun Indonesia Merdeka dengan mengadakan ekspedisi susur pantai selatan Jawa. Dimulai dari Pelabuhan Ratu menuju Yogyakarta.

“Alhamdulilah, di hari kedua kami bisa mengikuti detik-detik proklamasi pukul 10.17 di Ranca Buaya, arah Pameungpeuk, Garut,” kata Sundarto Yoso, seorang peserta ekspedisi yang tinggal di Pekayon Jaya, Kota Bekasi, Senin (17/8/2020).

Sundarto  menjelaskan, target rata-rata sehari gowes 110 kilometer, tergantung kontur jalannya. “Kalau ekstrim tanjakannya rata-rata sekitar 85-95 km,” katanya.

Peserta ekspedisi ini awalnya sebanyak 56 orang. Mereka berasal dari berbagai kota seperti Tangerang, Bekasi, Jakarta, Cianjur, Bogor, Depok, dan Purworejo. Dari Blora juga ada.

Hingga etape ketiga, mulai berguguran, tinggal 32 orang. Yang mundur ada yang karena sakit, 5 orang. Ekspedisi ini dinamakan Tour de Java 1 dan Tout of Yogyakarta 6. Rutenya, star dari Pelabuhan Ratu. Lalu ke Surade, Cidaun, Pameungpeuk, cipatujah, Pangandaran, Cilacap. Lanjut k Logending, Petanahan, Congot, Bantul, dan finish di Yogyakarta km 0, yaitu di Malioboro pada 22 Agustus 2020.

47 Tahun HPAI Panorama

Sundarto sendiri mengaku sudah ditunggu teman-temannya dari HPAI Panorama yang akan mengadakan syukuran ulang tahun Panorama ke-47. Kelompok pencinta alam di Yogyakarta itu lahir pada 5 Agustus 1973. Baru diadakan pada Sabtu 21 Agustus 2020 di resto Kampung Mataraman, ringroad selatan, Yogya. (bs)

 

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini