Suasana Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Gerindra di Hambalang, Bogor, Sabtu (8/8/2020). (foto rep/dok/Eksplore.co.id)

BOGOR (Eksplore.co.id) –  Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) secara aklamasi memilih kembali Prabowo Subiianto sebagai ketua umum dan ketua Dewan Pembina untuk periode 2020-2025.

Selain memimpin partai, ada satu lagi tugas buat Prabowo yang dilontarkan semua Dewan Pengurus Daerah Partai Gerindra tingkat provinsi seluruh Indonesia dalam KLB yang diadakan di Hambalang, Boor, Sabtu (8/8/2020). Tugas itu adalah menjadi calon presiden pada Pilpres 2024.

Namun, untuk tugas yang kedua itu, Prabowo baru akan memberikan jawaban sanggup atau tidak menerima tugas itu nanti pasa satu hingga satu setengah tahun sebelum Pemilihan Presiden dilangsungkan.

“Dengan mengucap Alhamdulilahirabbil aalamiin, maka kekosongan kepemimpinan partai hanya berlangsung 2 menit. Dan pimpinan sidang akan segera mengetok palu berarti kita telah kembali memiliki ketua umum dan ketua dewan pembina,” kata Ahmad Muzani, saat memimpin sidang pleno KLB.

Ketok palu itu dilakukan Muzani setelah semua DPD Partai Gerindra secara bulat atau aklamasi meminta Prabowo menjadi ketua umum sekaligus ketua dewan Pembina. Saat dimintai persetujuannya, Prabowo pun menyatakan bersedia. “Kalau itu memang permintaan kongres luar biasa ini, saya menyatakan saya siap sebagai ketua umum,” kata Prabowo, spontan disambut tepuk tangan seluruh peserta KLB.

Sekjen Tetap Muzani

Kepada Prabowo, KLB pun memberi waktu selama 30 hari untuk menyusun kepengurusan DPP PArtai Gerindra periode 2020-2025. Namun, masih di arena KLB, Prabowo pun langsung menunjuk Ahmad Muzani kembali menjadi sekretaris jenderal. “Saya telah putuskan saudara Haji Ahmad Muzani kembali sebagai sekretaris jenderal mendampingi saya untuk 5 tahun akan datang,” ujar Prabowo.

Dia menjelaskan alasan mengapa dirinya memilih Muzani. Tak lain karean dia tak ingin ada kekosongan kepengurusan saat dirinya dikukuhkan menjadi ketua umum. Sebagai ketua umum, Prabowo juga mendapat tugas untuk menyempurnakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) maupun mengambil langkah strategis.

Capres 2024

Muzani mengungkapkan, dalam KLB banyak – Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengungkapkan, semua DPD minta Prabowo menjadi calon presidennya Partai Gerindra pada Pemilihan Presiden 2024. “Seluruh DPD dan DPC tadi meminta Pak Prabowo untuk maju dalam Pilpres 2024,” ujar Muzani.

Menanggapi prmintaan itu, seperti dikutip Muzani, Prabowo baru akan menjawab tugas daam tempo sebulan hingga satu setengah bulan sebelum Pilpres berlangsung pada 2024 nanti. “Terhadap permintaan yang terakhir ini majunya di tahun 2024 Pak Prabowo tadi di hadapan KLB mengatakan bahwa tentang hal tersebut akan diputuskan 1 tahun atau satu setengah tahun sebelum pemilihan presiden,” tutur Muzani yang juga wakil ketua MPR.

Menurut Muzani, Prabowo akan fokus menata kelembagaan partai dan menuntaskan tugas sebagai Menteri Pertahanan. “Beliau akan berkonsentrasi terhadap penataan kelembagaan partai beliau akan berkonsentrasi terhadap tugas yang diberikan sebagai presiden sebagai menteri pertahanan,” ucapnya. (ban)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini