Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik Laksamana Madya Yudo Margono sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) dan Marsekal Madya Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau).

JAKARTA (Eksplore.co.id) – Pergantian pimpinan puncak di tubuh TNI Angkatan Laut (AL) dan TNI Angkatan Udara (AU) dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019/Covid-19 (Virus Korona).

Kebijakan ini ditempuh lantaran kedua pimpinan yang sekarang akan memasuki pensiun pada bulan depan. Untuk pejabat baru dari masing-masing angkatan diharapkan berperan serta membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19.

Salahsatu tugas TNI adalah membantu penanggulangan bencana alam dan pandemi Covid-19 sudah ditetapkan pemerintah sebagai bencana nasional nonalam.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik Laksamana Madya Yudo Margono sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) dan Marsekal Madya Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau).

Kedua pelantikan ini berlangsung di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (20/5/2020) pukul 09.00 WIB. “Iya, betul,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono pada Selasa (19/5/2020)

Pelantikan kedua kepala staf tersebut juga dikonfirmasi Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma TNI Fajar Adriyanto. Fadjar menggantikan Marsekal Yuyu Sutrisna yang bakal pensiun pada Juni 2020 yang sebelumnya menduduki Pangkogabwilhan II.

Untuk Yudo akan menggantikan Laksamana Siwi Sukma Adji yang memasuki masa pensiun pada Mei 2020. Sebelumnya, dia menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I.

Yudo merupakan alumnus Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) angkatan XXXIII/1988 dekat dengan pemberitaan media massa yang kerap memberikan keterangan terkait perawatan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. (mam)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini