JAKARTA (Eksplore.co.id) – Perusahaan penyedia perangkat jaringan internet asal Shenzhen, Tiongkok, TP-Link terus menawarkan produk teknologi digital di Indonesia. Sebentar lagi TP-Link akan meluncurkan perangkat wireless router  berteknologi Wi-Fi 6. Tidak hanya satu, lima varian sekaligus.

Teknologi koneksi jaringan Wi-Fi 6 itu mempunyai data rate hingga 9,6 Gbps atau 40% lebih kencang dari Wi-Fi 5 yang mampu berkecepatan 6,9 Gbps. Kelima varian perangkat Wi-Fi 6 ini meliputi; Archer AX11000, Archer AX50, Archer AX10, Archer TX300E, dan access point EAP 620HD.

“Pada kuartal pertama tahun ini kami memperkenalkan lima unit perangkat yang sudah dilengkapi teknologi Wi-Fi 6. Teknologi baru ini mampu menghasilkan kualitas sinyal yang lebih baik dan internet yang ngebut lebih kencang,” kata Country Director TP-Link Indonesia Sterling Li.

Archer AX11000 merupakan router berbasis Wi-Fi 6 yang punya prosesor 1,8 GHz Quad-Core CPU dan tiga coprosesor. Router ini  menawarkan kecepatan Wi-Fi hingga 10757 Mbps. “Karena itu  router ini cocok buat para gamers,” ujar Sterling, saat memperkenalkan kelima perangkat wireless router itu kepada media di Jakarta (10/3/2020). Sterling didampingi Manajer Pemasaran TP-Link Indonesia Biko Joshua dan Sales Manager TP-Link Indonesia Tony Susanto.

Biko ikut menjelaskan tentang router Archer AX50. Perangkat ini punya fitur bandwidth 160 MHz dan 1024-QAM dan dijamin mampu mencapai kecepatan hingga 3 Gbps. Didukung prosesor intel Wi-Fi 6 Gig+, kata Biko, router ini dapat dipakai untuk PC dan laptop. “Jadi, Archer AX50 ini merupakan jawaban bagi kebutuhan wi-fi rumahan,” kata Biko menambahkan.

Router ketiga adalah Archer AX10, yaitu CPU bertenaga triple-core dengan teknologi Wi-Fi 6 Stable Next-Gen Performance untuk meningkatkan kecepatan hingga level Gigabit. Pengguna dijanjikan bakal menikmati sambungan nirkabwl ke jaringan wi-fi melalui smartphone atau laptop. Dengan teknologi OFDMA yang ditanam di router tersebut, memungkinkan kinerja tidak menurun saat digunakan secara bersamaan.

Berikutnya, router Archer TX300E yang berbentuk Bluetooth 5.0 PCI-E. Dengan perangkat ini, kata Biko, dapat menjamin kecepatan ekstrem dan latensi ultrarendah karena perangkat ini meliputi network card , dan dua antena magnet 5 dBi. Dengan ditanamnya 1024-QAM serta berkecepatan bandwith 160Mhz, router Archer TX300E ini berkinerja wi-fi tiga kali lebih cepat dari standar AC wi-fi  drive bawaan PC.

Cloud Omada

Satu lagi, router access point Wi-Fi 6 seri EAP620 HD. TP-Link menghadiahi para pebisnis dan entrepreneur (wirausaha). “Karena sangat pas digunakan di kantor maupun cafe, maupun yang punya bisnis rumahan,” kata Biko.

Keunggulan perangkat EAP620 HD ini, kata Biko, adalah mendukung integrasi ke penyimpanan data di cloud Omada. Cloud ini secara khusus disediakan oleh TK-Link. Perusahaan perangkat jaringan ini juga membekali kelima perangkat Wi-Fi 6 tersebut dengan MU-MIMO.

“Jadi router-router itu bisa berkomunikasi dengan beberapa perangkat dan pengguna dalam waktu yang bersamaan dengan beberapa jalur yang berbeda'” kata Sterling menutup penjelasannya.

TP-Link menjadwalkan menggelontor kelima router Wi-Fi 6 tersebut ke pasar di Indonesia pada kuartal kedua 2020. (ban)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here