Rektor UNKRIS Dr. Ir Ayub Muktiono bersama Srikandi UNKRIS

JAKARTA (Eksplore.co.id) Ditengah situasi pandemi covid – 19 dan krisis seperti yang terjadi saat ini diperlukan langkah cerdas bagi institusi atau organisasi dalam mengelola dan menjalankan program pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya dilakukan oleh Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) dalam pengabdian masyarakat yang saat ini yang fokus pada lingkungan sekitar kampus khususnya dan pemerintahan Kota Bekasi umumnya. Alasanya, kata Rektor UNKRIS Dr. Ir Ayub Muktiono. M.SIP, supaya jarak tidak terlalu jauh dan tidak harus menginap. Untuk itu Rektor berharap, Lembaga Pengabdian dan Penelitian Masyarakat (LPPM) yang di ketuai oleh Siswantari harus mulai melakukan kunjungan pada masyarakat mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan dan dinas -dinas untuk melihat dari dekat hal hal apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi ataupun seni dalam menyelesaikan permasalahan di masyakarat,”ujarnya saat menggali masukan, serta ide ide dari para Srikandi UNKRIS berdasarkan keterangan rilease yang diterima oleh redaksi ekslore.co.id kemarin Selasa, (05/1/2021).
Hadir dikesempatan itu para Srikandi UNKRIS Ketua LPPM Dr. Siswantari Pratiwi, SH, MM, MH dan Sekretaris Lydia Darmiyanti , ST, MT.

Sementara dikesempatan itu Siswantari yang sebelumnya sudah pernah menjabat di LPPM, ini menyatakan bahwa penting sekali membangun hubungan emosional antara para mahasiswa, dosen yang nanti terjun kedalam masyarakat, sehingga program – program akan berjalan dengan baik dan tidak kaku. Ia juga berterimakasih kepada Rektor yang telah memberikan kepercayaan kepadanya melalui tugas di Lembaga ini. “Jika dulu ada dua hal yang kami lakukan yaitu pengabdian dan penelitian, maka pada saat ini di pisah menjadi dua program, sehingga menjadi lebih fokus,” tegas Siswantari.

Kemudian di kesempatan yang sama, Rektor juga mengundang Ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Kebangsaan (LPKK), Dr. Susetya Herawati, ST, M.Si, yang kedepan diharapkan mampu bersinergi dengan LPPM, hal ini karena akan saling melengkapi dalam mengembangkan kreativitas dalam bentuk ide dan inovasi inovasi, serta motivasi bagi mahasiswa dan masyarakat.

Menanggapi harapan dari Rektor UNKRIS, Herawati menyatakan siap bersinergi dengan LPPM bahkan jika nanti diminta menjadi penyuluhan pada lingkungan permukiman masyarakat yang sehat dan bersih, khususnya yang berkaitan dengan limbah sampah dan limbah domestik rumahtangga. Untuk dapat terlaksana dengan baik, kegiatan itu perlu adanya kerjasama yang strategis dari beberapa pihak yaitu Pemerintah Kota, UNKRIS sebagai Perguruan Tinggi, Swasta dan masyarakat sendiri.

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini