KLATEN (Eksplore.co.id) – Tak kenal maka tak sayang, begitulah pas buat mengenal dan mengenang Kabupaten Klaten. Lokasinya ada di antara Yogya dan Solo.

Jika dilihat secara struktur tanahnya bervariasi.  Klaten merupakan dataran rendah sekaligus pegunungan dengan ketinggian 100-1000 meter di atas permukaan laut (dpl).

Namun, sebagian besar wilayah Kabupaten berupa dataran rendah dan bergelombang. Sementara itu bagian baratnya merupakan pegunungan, bagian dari kaki Gunung Merapi. Ibu kota Klaten adalah sepanjang jalur utama Solo Jogjakarta.

Klaten memiliki  berbagai aset wisata yang memanjakan mata dan punya daya magnet untuk dikunjungi para wisatawan. Selain  wisata sejarah, wisata alam, juga ada produk kulinernya. Yang paling gres adalah kawasan wisata buatan.

Kawasan itu bernama  “Kawasan Kawah Putih Negeri Dongeng”. Letaknya di Dusun Gajahrejo RT 03 RW 06 , Desa Talang, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Jaraknya sejitar 15 km dari jantung kota. Ditempuh dengan mobil atau sepeda motor butuh waktu sekitar 20 menitan.

Kawasan Kawah Putih Negeri Dongeng  memiliki luas 2 hektare (ha). Penggagasnya adalah Nazir Zubaidi sekaligus pemilik lahan. Menurut Nazir lulusan STP AMPTA Yogjakarta itu,  latar belakangi dibuat kawasan wisata kawah putih negeri dongeng ini berangkat dari keprihatinannya atas rusaknya lingkungan akibat penambangan batu  yang ada di sekitar daerah tersebut.

“Penambagan batu itu mengakibatkan hutan yang dulunya asri dan tempat hidup dari berbagai spesies hewan dan tumbuhan menjadi rusak,” katanya kepada Eksplore yang berkunjung ke sana (20/11/2019).

Ia  khawatir, bila penambangan batu itu terus berkelanjut, akan mengganggu ekosistem dan rusaknya kelestarian alam. Berawal dari situlah, Nazir mengaku punya  ide atau gagasan  untuk membuat wisata alam dengan tujuan menyelamatkan untuk menyelamatkan lingkungan. Yang lebih penting lagu adalah bagaimana  memberdayakan ekonomi warga.

“Alhamdulillah saat ini di kawasan Kawah Putih sudah punya arena outbond untuk anak, taman bunga, arena bermain anak. ” Penanaman 5000 pohon untuk penghijauan merupakan bantuan dari berbagai pihak,” ujarnya.

Selain itu,  saat ini kawasan Kawah Putih terus memanjakan para pengunjung dengan arena  panjat tebing mini, dolanan anak, rumah pohon, flying fox mini dan perahu perahunan.

Cerita Indah Kawah Putih
Kawah putih memiliki view pemandangan alam yang indah,  dilihat dari ketinggian dan salah satu cagar alam yang harus dijaga kelestariannya.

Nazir menjelaskan istilah Kawah Putih diambil dari nama lain bukit temas, menyimpan sebuah peradaban kuno sebelum era modern. Hal itu dibuktikan terkadang masih ditemukan emas dalam bentuk perhiasan cicin, kalung,maupun anting, suweng yang dalam bentuk dan motif.

‘Bukit temas dari awalan kata emas sampai saat ini desa di bawah sebelah timur bukit  di namai dukuh temas ini hanyalah sebuah mitos atau sebuah cerita yang melegenda di masyrakat sekitar kebenarannya hanya milik Allah,” tutur Nazir yang kini aktif di Kokam Muhammadiyah, mirip Banser-nya NU.

Kawasan ini juga menjadi salah satu laboratorium geologi, karena sampai saat ini masih aktif untuk penelitian tentang geologi dari berbagai perguruan tinggi seperti UGM, UPN, UN Proklamasi dan lain- lain. Para peneliti itu ingin tahu struktur batu yang ada di Kawah Putih dan juga menjadi salah satu cicuit off road terekstrim di Indonesia.

Hal itu dibuktikan diadakannya offroad oleh Pemda Klaten yang dihadiri dari berbagai offroader nasional tahun 2018. Oleh karena itu pengelola kawasan wisata  kawah putih berharap agenda offroad itu sering diadakan lagi. “Kami siap bekerja sama dengan pihak- pihak terkait, semoga kawah putih menjadi destinasi wisata unggulan dan memberikan manfaat dan barokah untuk semua,” ujarnya.

Sejumlah agenda yang sedang dirintisnya saat ini, antara laun mendirikan masjid di kawasan kawah putih. “Insya Allah, tahun 2020 akan segera kita bangun masjid,  terkait kapannya belum tahu,” imbuhnya.

Keberadaan masjid di kawasan Kawah Putih akan menjadi lebih lengkap dengan sarana ibadah. “Di Masjid  di kawasan kawah putih itu nanti kita sediakan peralatan sholat, perpustakaan masjid dan berbagai fasilitas yang lebih lengkap,” tandasnya.

Selain masjid, Nazir juga ingun membangun miniatur tujuh keajaiban atau keunikan dunia. Yang sudah ada adalah bukit Holywood dan patung Merlion Singapura. (bs4)

Foto:  Nazir Zubaidi ( kiri) pemilik kawasan wisata kawah putih saat melayani turis wisata asing. (Dok)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here