Polisi menangkap YouTuber Ferdian Paleka bersama rekannya, Aidil, pada Jumat (8/5/2020) dini hari pada saat keluar dari Pelabuhan Merak di Kilometer (Km) 19 Tol Jakarta-Merak, Tangerang.

BANDUNG (Eksploreco.id)-Polisi menangkap YouTuber Ferdian Paleka bersama rekannya, Aidil, pada Jumat (8/5/2020) dini hari pada saat keluar dari Pelabuhan Merak di Kilometer (Km) 19 Tol Jakarta-Merak, Tangerang.

Keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka (TSK) kasus prank (candaan) pemberian bantuan berisi sampah dan batu bata kepada waria-waria pada Jumat (1/5/2020).

Polisi menjerat pasal-pasal yakni Pasal 45 ayat 3 huruf e, Pasal 36, dan Pasal 51 ayat 2 UU No. 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

“Motifnya itu mengunggah atau menyebarkan nama baik pelapor dengan mendapatkan keuntungan followers dari YouTube,” kata Kapolrestabes Bandung, Kombes Ulung Sampurna di Mapolrestabes Bandung, Jawa Barat (Jabar) pada Jumat (8/5/2020).

Ferdian dan Aidil juga dianggap tidak kooperatif dalam pengusutan kasus ini dibuktikan dengan mereja tidak segera menyerahkan diri dan justru kabur dari pengejaran aparat. Mereka mengubah penampilannya seperti pengecatan rambut oleh Ferdian.

Sementara itu polisi akan melakukan penyelidikan keterlibatan orangtua Ferdian dan kerabat Ferdian dalam membantu Ferdian kabur dari pengejaran polisi. Orangtua Ferdian diduga ingin menyembunyikan anak-anaknya. “Kita masih mendalami,” ujarnya. (mam)

 

 

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini