Jakarta,(Eksplore.co.id) – Di tengah situasi pandemi covid – 19 semua perguruan tinggi harus mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada. Apalagi sejak awal pemerintah telah mencanangkan kampus merdeka bagi perguruan tinggi di Indonesia. Maka dari itu perguruan tinggi harus mampu melahirkan kampus dan mahasiswa yang mandiri serta mampu menciptakan peserta didik yang kritis, kreatif, kolanoratif dan trampil. Demikian peryataan, Dr. Hotman Napitupulu SH, SE , MM yang merupakan dosen fakultas ekonomi Universitas Krisnadwipayana (Unkris) ) di acara Webinar Nasional dengan tema Mewujudkan Kampus Berkompeten dan Unggul di Era Pandemi, Sabtu (10/07/2021) kemarin yang diselenggarakan oleh organisasi Perkumpulan Dosen Program Hibah Indonesia (PDPHI).

Untuk mendorong terciptanya kampus yang mandiri, Hotman menekankan, pentingnya kompetensi. Kompetensi yang dibutuhkan di masa depan itu sangat dinamis, sehingga kita harus punya fleksibilitas dan adaptabilitas yang tinggi atau agile learners. Dengan demikian tujuan pembelajaran saat ini tidak lagi membangun kompetensi yang sudah baku tapi menyiapkan lulusan sarjana yang flexible, adaptive, self-directed, creative, complex problem solver dan tidak terlepas dari karakter yang kuat.

“Saya melihat di era revolusi industri 4.0 ini, dunia pedidikan dan dunia kerja harus bekerja sama untuk membangun hari esok yang sama,”terang Hotman.

Sementara Dr, Abdullah Fathoni SE, MM yang juga dosen fakultas ekonomi Unkris, menambahkan, ada 5 syarat kompetensi yang ditekankan oleh pemerintah selama ini, diantaranya adalah dedikasi kuat untuk kemajuan bangsa, karakter pembelajar, inovatif , lipengtek, menciptakan lapangan kerja. Lima syarat tersebut dikaji berdasarkan analisa SWOT di era pandemi tersebut banyak variable yang mempengaruhinya. Untuk itu solusinya, bagaimana agar proses belajar mengajar tetap berjalan dengan dibarengi penugasan secara daring yang selama ini menjadi alternatif pembelajaran.

Di tengah sistuasi Pandemi seperti ini—ada beberapa hal yang dilakukan oleh dosen agar dosen bukan lagi menjadi pendidik secara konvensional, hal ini disampaikan oleh dosen fakultas hukum Unkris, Sarjana Orba Manulang, di makalahnya berjudul : Melahirkan ide, Aplikasikan Dalam Karya dan Hargai Kekayaan Intelektual. Ia mengusulkan agar dosen bukan saja membidani lahirnya ide namun juga menyemangatinya agar ide – ide kreatif dan berguna dapat lahir dari anak didiknya. Terkait ide yang kreatif yang ada, jangan hanya menjadi wacana atau terkubur hanya dalam dunia gagasan semata. “Satu kata kunci : tugas dosen bantu lahirkan / aplikasikan buat dalam bentuk nyata dan inovatif agar dapat dinikmati dan bermanfaat untuk seluruh umat,”ujarnya.

Kemudian Ketua LPKK (Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Kebangsaan) dan dosen fakultas adminstrasi Unkris, Dr. Susetya Herawati, ST. M.Si sangat setuju dengan tugas perguruan tinggi dalam menegakkan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu: pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, menurutnya jenjang ini sudah tepat dimana aktivitas dimulai dari pendidikan kemudian penelitian, hal ini tentu saja akan menghasilkan berbagai jenis tenaga ahli. Produksi tenaga -tenaga ahli tersebut secara tidak langsung sudah mengabdi kepada masyarakat sejauh keahilan tersebut memang sesuai dengan pembangunan.

Bagi Herawati, Tridarma Perguruan Tinggi akan dapat berjalan dengan baik jika kepemimpinan dalam perguruan tinggi tersebut mampu menciptakan sebuah sistim dinamis yang mengadopsi perkembangan budaya sebagai salah satu pengaruh yang sangat signifikan.

“Berfikir dinamis dalam budaya adalah dengan mampu berfikir kedepan artinya visioner, mau mengkaji ulang dengan car acara mengevaluasi setiap apa yang sudah diputuskan untuk perbaikan dan juga mau melihat dan belajar dari organisasi lain baik dari dalam maupun luar negeri untuk kemajuan. Selain itu pemimpin perguruan tinggi harus mampu menyatukan visi dan misi untuk dapat dilaksanakan oleh para stakeholder yaitu dosen, mahasiswa, tenaga pendidik,”katanya.

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini