JAKARTA (Eksplore.co.id) – Untuk menunjang aktivitas Aliansi Profesional Indonesia Bangkit (APIB) perlu didukung penguasaan aspek hukum. Apalagi, dalam berbagai kegiatannya, APIB cenderung banyak mengkritisi kebijakan Pemerintah yang dinilai tidak berpihak kepada masyarakat.

Sebaliknya, APIB secara fair juga mendikung kebijakan yang memang menguntungkan rakyat banyak. “DPP APIB membuktikan komitmennya kepada masyarakat dengan membentuk Badan Bantuan Hukum (BBH), sebuah organ  yang sangat penting dan  strategis di bidang hukum dan keadilan,” kata Ketua Umum DPP APIB Dr Memet Hakim MS.

Hal itu diungkapkan Memet saat meresmikan berdirinya BBH APIB, Sabtu (2/6/2022) di Jakarta. “Ke depan, Badan Bantuan Hukum ini akan bekerja secara profesional dalam rangka penegakan dan pembelaan hukum,” katanya.

Menurut Memet, belakangan ini masalah penegakan dan  keadilan hukum perlu mendapat perhatian serius. Sebab, banyak persoalan hukum yang menimpa rakyat kecil,  aktivis, ulama. Terakhir kasus  penghinaan terhadap agama yang tidak sejalan dengan Panca Sila sebagai dasar hidup negara yang kita junjung tinggi selama ini.

“Di pundak para pendekar hukum APIB ini,  kami harapkan dapat bekerja membantu perbaikan bangsa dan negara kita termasuk menyikapi masalah legislasi parlemen yang tidak berpihak kepada kepentingan rakyat dan  negara,” kata Memet.

Di tempat yang sama, Ketua DPD APIB DKI Jakarta Erick Sitompul menambahkan, akan lebih banyak berhubungan dengan BBH karena selama ini kasus hukum banyak terjadi di Jakarta. “Kami bersyukur dapat memfasilitasi terbentuknya BBH APIB Yang Insya’Allah didukung para advokat berpengalaman,” tutur Erick.

Untuk saat ini, BBH APIB diperkuat oleh delapan advokat. Adapun susunan kepengurusan BBH periode 2022- 2027 adalah, Dewan Pembina Dindin Maolani SH dan Memet Ahmad Hakim SH. Pengawas, Kol Purn Sahar Harahap SH dan  Abdul Rahman Yakob SH MH.

Sedangkan Pengurusnya  adalah Atang Sumantri SH MH (Ketua), Agus Surahman SH, M. Ruhunussa, Deni Apriandi SH MH dan Suranto SH MH MM (Wakil-wakil Ketua),  Benu Pangestu SH MH (sekretaris), dan Muslihan Aulia Haris SH (Wakil Sekretaris). (bS)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini