Kol. Purn.Sugengwaras

TUGASNYA menegakkan, kedaulatan NKRI, menjaga dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, menyelamatkan seluruh bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sadarkah negara belum mampu untuk itu?

Negaramu luas dan besar, kaya sumber daya alam, zamrut katulistiwa, pulau pulau dan kepulauan besar kecil terpisah pisah, rawan penetrasi, penyelundupan, pembobolan dari udara, laut dan darat oleh orang orang bangsa lain.

TNI garda terdepan dan benteng terakhir untuk menyelamatkan NKRI.

TNI tidak akan kuat dan tidak bisa hebat, tanpa dukungan dari rakyat.

Maka, ingat dan selalu bersama samalah bersama RAKYAT, dengan memberdayakan BABINSA, utamakan dan fasilitasi dia, BABINSA adalah ujung tombakmu.

Disinilah berlaku, perjuangan tak kenal pangkat atau jabatan, tapi ketulusan dan keikhlasan dalam perjuangan dan pengorbananya dalam menjalankan tugas, itulah yang menjadi tolok ukur.

TNI sebagai dambaan rakyat, membuat tenang tidur dan bekerja, membuat nyaman bertempat tinggal dan bercanda.

Selayaknya kau jaga, kau ayomi, kau lindungi dan kau bela, bukan untuk diusik, digelisahkan, dipersulit, diawasi, dicurigai dan dibodoh bodohi, apalagi diakal akali.

Cintailah rakyatmu sebagaimana rakyat sangat mencintaimu.

Jadilah kau patriot dan ksatria pembela bangsa dan negara yang murni dan pemberani, agar kelak kau diakui sebagai pahlawan sejati.

Kami sadar, TNI rela dan ikhlas berjuang serta berkorban raga dan jiwamu, ditengah tengah masa depan keluargamu, agamamu, bangsamu dan negerimu.

Sadar dan ingat, negaramu dimuliakan hanya untuk bangsamu dan bukan untuk bangsa lain. NKRI milik kita, bukan milik bangsa lain.

TNI dipilih dan diangkat oleh pemerintah, namun semua beaya berasal dari rakyat.

Maka kewajibanmu dan sumpahmu, tetap taat dan setia terhadap pemerintah yang konsisten dan konsekuen dalam menjalankan roda pemerintahanya sesuai amanat rakyat, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Pancasila 18 Agustus 1945, yang telah final dan telah disepakati oleh seluruh bangsa Indonesia.

Maka.. ,Jika ada indikasi, yang menyimpang apa lagi mengubah idologi Negara, dasar falsafah dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

TNI harus tampil terdepan untuk menghadapi dan menyikapi, guna menggulung dan meniadakan pengkhianatan itu, seberat apapun perjuangan dan resikonya.

Disini tidak ada ragu ragu, hanya satu pilihan, gulung dan habisi seluruh pengkianat bangsa, apapun kedudukannya dan dimanapun keberadaanya.

Yakinkah rakyat ada dibelakangmu dan bersamamu.

Jadilah TNI yang tetap, terus serta senantiasa konsisten dan konsekuen terhadap bangsamu dan negaramu.

Selamat Berjuang TNI ku, kebanggaan bangsamu, rakyatmu dan negaramu.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa, membimbing, melindungi dan memberkahi perjuanganmu untuk bangsamu dan negaramu.

Aamiin….MERDEKA !!!

Bandung, 5 Oktober 2020,
*Sugengwaras, purnawirawan TNI-AD, panglima Tritura

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini