BOGOR (Eksplore.co.id) – Untuk meningkatkan pelaksanaan Tridarma antar  Perguruan Tinggi, Institut Pertanian Bogor (IPB) University menjamin kerjasama dengan Universitas Paramadina. Kerjasama tersebut dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Rektor Universitas Paramadina Prof. Didik J. Rachbini, M.Sc., Ph.D. dan Rektor IPB University Prof. Dr. Arif Satria, S.SP, M.Si. di kampus IPB University, Bogor, Kamis (13/4/2023).

Kedua belah pihak bersepakat untuk meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat antara kedua institusi. Beberapa program yang akan dilaksanakan  antara lain; pertukaran dosen dan mahasiswa, pengembangan kurikulum dan mata kuliah bersama, penelitian kolaboratif, publikasi ilmiah bersama, pengabdian kepada masyarakat bersama, dan kegiatan lain yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Rektor Universitas Paramadina Prof. Didik J. Rachbini mengatakan, kerjasama ini merupakan bentuk sinergi antara perguruan tinggi yang memiliki visi dan misi yang sejalan. “Universitas Paramadina dan IPB sama-sama memiliki komitmen untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, berintegritas, dan berkontribusi bagi pembangunan bangsa. Kami juga sama-sama memiliki keunggulan di bidang-bidang tertentu yang dapat saling melengkapi dan memperkuat,” ujarnya.

Sedangkan Rektor IPB University Prof. Dr. Arif Satria menambahkan, kerjasama ini juga merupakan wujud dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dijalankan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia. Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah tanggung jawab kita sebagai akademisi untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

”Dengan kerjasama ini, kami berharap dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas output dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang kami lakukan,” katanya.

Kedua rektor berharap bahwa MoU ini dapat menjadi awal dari kerjasama yang lebih luas dan berkelanjutan antara Universitas Paramadina dan IPB University. Mereka juga mengajak para dosen dan mahasiswa dari kedua institusi untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk berkolaborasi dan berinovasi dalam bidang-bidang yang sesuai dengan minat dan keahlian mereka.

Usai penandatanganan naskah Kerjasama, Rektor Prof. Arif Satria mengajak rombongan dari Universitas Paramadina untuk mengunjungi IPB Science Techno Park. Tempat itu merupakan satu kawasan pengembangan inovasi dan area terpadu  dan komersialisasi hasil inovasi produk serta jasa bidang pertanian tropis, pangan dan biosains. (bSa)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini