Jakarta (Eksplore.co.id) – Kompetisi persaingan antar perguruan tinggi dalam penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya sangat pesat, apalagi hal itu terjadi pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jakarta. Jelas sangat berat sekali. Berdasarkan data Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah III pada tahun 2019 mencatat 312 (PTS). Melihat fenomena tersebut, Universitas Krisnadwipayana (Unkris) terus berbenah diri untuk terus meningkatkan kualitas manajemen pendidikan menuju Universitas Unggulan pada 2025.

Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unkris, Dr Susetya Herawati dalam komentarnya kepada redaksi eksplore.co.id, Selasa (6/07/2021) di Jakarta mengatakan, meskipun dalam kondisi Covid – 19, tak menyurutkan masyarakat untuk menyekolahkan putra dan putrinya di Unkris. Anehnya, meski dalam kondisi krisis yang terjadi saat ini terjadi kenaikan penerimaan mahasisa di gelombang 1 dan 2 sebesar 30 persen dan lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya.

“Itu artinya Unkris ada perubahan yang signifikan di tahun ini dalam penerimaaan mahasiswa,”ucap Herawati.

Unkris berdiri sejak 1 April 1952 dan selama ini memiliki 4 fakultas yakni Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Administrasi dan Fakultas Teknik. Untuk S2 terdapat Magister Ilmu Hukum , Magister Ilmu Administrasi, Magister Manajeman, Magister Teknik dan Magister Manajeman Teknik. Sedang S3 terdapat Program Doktoral Ilmu Hukum. Semua prodi tersebut sudah terakreditasi A & B.
Untuk meningkatkan kualitas Unkris, kata Herawati, berbagai upaya selama ini telah dilakukannya diantaranya adalah dengan melakukan upaya brainding yang masif dan dilakulan dengan terus – menerus. Dalam melakukan brainding, Unkris melakukan pendekatan teknologi digital dan social media dengan demikian akses informasi tentang Unkris bisa diakses oleh masyarakat Jakarta dan luar Jakarta.

“Kami menyakini salah satu yang meningkatkan jumlah penerimaan mahasiswa salah satunya, mudahnya masyarakat yang memperoleh informasi lengkap tentang Unkris dengan teknologi digital,”ucapnya.

Meski gelombang 1 dan 2 sudah di tutup, Unkris tetap membuka untuk penerimaan mahasiswa baru gelombang 3. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bagian Humas dan Pemasaran Unkris, Enny Setyowati, SH yang mengatakan Untuk gelombang 3, calon mahasiswa baru dapat mendaftarkan diri melalui online terhitung tanggal 2 Juni hingga 21 Agustus 2021. Ujian masuk digelar secara online pada 24 s/d 25 Agustus 2021, pukul 10.00 WIB. Pengumuman lulus pada 27 Agustus 2021, Pukul 10.00 WIB.

Dalam mekanisme penerimaan mahasiswa baru, panitia seleksi penerimaan mahasiswa baru menggunakan berbagai pendekatan baik online dan jalur prestasi akademik (jalur raport dan prestasi lain). Unkris memiliki banyak program beasiswa yang bisa diakses oleh para mahasiswa. Diantaranya adalah beasiswa Prestasi Akademik, beasiswa Minat dan Bakat, serta beasiswa bagi Putra/Putri Pensiunan ASN, TNI, POLRI dan BUMN.

“Banyaknya berbagai fasilitas dan kemudahan di Unkris inilah yang mendorong minat masyarakat untuk memilih Unkris sebagai kampus unggulan,”ujar Enny.

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini